Bola Internasional

Ketika 2 Anak Papua Berpotensi Buat Liga Thailand Bersinar di Indonesia

Sabtu, 21 November 2020 16:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah kisah menarik terjadi dalam perjalanan karier dua pemain sepak bola Indonesia, Rudolof Yanto Basna dan Todd Rivaldo Ferre. Dua bintang Tanah Air asal Papua ini diyakini bakal membuat sepak bola di Thailand kian tenar.

Seperti kita ketahui sebelumnya, salah satu pemain Timnas Indonesia, Yanto Basna, menjadi satu-satunya pemain Tanah Air yang berkompetisi di Liga Thailand. Bahkan, dirinya menjadi satu-satunya jebolan SAD Uruguay yang berkompetisi di luar negeri.

Sekadar informasi, SAD Uruguay merupakan program pelatihan usia muda Indonesia dengan mengirim pemain-pemain berkualitas ke Uruguay. Program ini berjalan dari periode 2008 hingga 2012, yang mana mengalami berbagai perubahan pemain pada setiap angkatan, meskipun ada pula yang tetap bertahan.

Yanto Basna adalah salah satunya. Pria kelahiran Sorong, 12 Maret 1995 ini memulai karier sepak bola profesionalnya bersama dengan Mitra Kukar, setelah lulus dari program SAD Uruguay. Tak lama, dirinya bergabung bersama Persib Bandung pada Maret 2016, dan Sriwijaya FC pada Januari 2017.

Setahun di Palembang, Yanto Basna pun memutuskan berkarier di luar negeri pada Januari 2018. Klub pertama di luar negeri yang ia bela adalah Khon Kaen, tim asal Thailand.

Tak lama di Khon Kaen, Yanto Basna bergabung dengan Sukhothai pada November 2018. Di sini Yanto Basna bertahan cukup lama, mengingat Sukhothai adalah klub yang berkompetisi di divisi pertama Liga Thailand.

Hingga pada akhirnya, Yanto Basna pun pindah ke klub Thailand lainnya, PR Prachuap FC dengan status free transfer pada Januari 2020. Sama seperti Sukhothai, PR Prachuap adalah klub Thailand yang berkompetisi di divisi utama Liga Thailand.

Jejak Yanto Basna sebagai pemain Timnas Indonesia tampaknya akan diikuti oleh juniornya yang juga berasal dari Timur Indonesia. Dia adalah Todd Rivaldo Ferre, pemain Persipura Jayapura.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTGelandang serang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, merayakan gol ketiga ke gawang PSIS Semarang

Todd Rivaldo Ferre kabarnya akan pindah ke klub Thailand yang bermain di divisi dua. Lampang FC digadang-gadang bakal menjadi destinasi dari Todd Rivaldo Ferre nantinya.

Hal ini pun dibenarkan oleh asisten manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Madubun. Dirinya mengatakan bahwa di tengah situasi seperti ini, lebih baik untuk Persipura meminjamkan pemainnya ke klub luar.

"Di tengah situasi seperti ini, kita dihubungi klub dari luar negeri yang berniat untuk meminjam salah satu pemain kita. Hal ini sudah saya laporkan ke ketua umum dan manajer dan sudah disetujui. Saat ini sementara memulai proses negosiasi," kata Bento kepada INDOSPORT, Kamis (19/11/20) lalu.

Tak hanya itu saja. Isu Todd Rivaldo Ferre ke Liga Thailand nyatanya membuat media setempat, Siam Sport, sangat antusias. Media tersebut sangat antusias menyambut kedatangan Todd Rivaldo Ferre karena memiliki rekam jejak luar biasa bersama Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia.

"Lampang telah membuka meja perundingan dengan Todd Rivaldo Fere. Gelandang serang berusia 20 tahun, tinggi 158 cm, dengan gelar timnas berusia 23 tahun," tulis Siam Sport.

"Saat ini ia di bawah klub Persipura Jayapura, ia telah bermain untuk tim tersebut sejak 2018 dengan 47 pertandingan dan mencetak 9 gol," imbuhnya.

Kehadiran Yanto Basna dan Todd Rivaldo Ferre ke Liga Thailand nyatanya menyisakan sebuah fakta menarik. Dua bintang asal Papua ini diprediksi bakal membuat Liga Thailand kian tenar di Tanah Air.