In-depth

Menanti Gebrakan Wonderkid Utama Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko

Sabtu, 21 November 2020 10:04 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Max Maiwald/DeFodi Images via Getty Images
Youssoufa Moukoko, wonderkid Borussia Dortmund. Copyright: © Max Maiwald/DeFodi Images via Getty Images
Youssoufa Moukoko, wonderkid Borussia Dortmund.

INDOSPORT.COM – Nama Youssoufa Moukoko telah menjadi pembicaraan sejak beberapa tahun silam. Di 2020 ini, usianya telah genap 16 tahun dan ia pun bisa diturunkan bersama tim senior Die Borussen. Apakah ia siap menjaga hype yang ia terima dari tim muda ke tim utama?

Moukoko pertama kali menggebrak dan mengguncang dunia sepak bola kala usianya baru 12 tahun.  Di usia tersebut, ia telah masuk dalam tim U-16 Dortmund.

Banyak yang mempertanyakan usianya yang terlampau jauh dengan rekan setimnya di tim U-16 Dortmund. Tapi, Moukoko membuktikan bahwa di atas lapangan hijau, usia bukanlah penghalang.

Ia mampu tampil dominan di tim yang didominasi pemain dengan rata-rata usia di atasnya. Moukoko terus menunjukkan ketajamannya di depan gawang meski harus berhadapan dengan bek lawan yang berusia di atasnya.

Dongeng Moukoko berlanjut saat dirinya masuk ke tim U-19 Dortmund. Saat melawan Schalke 04, ia tetap tampil tajam . Pada musim 2020/21 ini saja, dalam tiga pertandingan, ia mampu mencetak 10 gol.

Catatan-catatan yang ia buat sejak muda pun membuatnya mendapay sanjungan dan pujian setinggi langit. Sanjungan pun diberikan oleh sebuah apparel ternama yang memberinya kontrak jangka panjang saat usianya belum genap 17 tahun.

Kecemerlangan Moukoko pun tak hanya ditunjukkan di Dortmund. Di timnas Jerman U-16, ia tetap tampil cemerlang dan menunjukkan bahwa dirinya calon bintang masa depan. Hal ini diakui oleh pelatih kepala tim muda Jerman, Meikel Schonweitz.

“Setelah pertandingan internasional pertama Youssoufa (Moukoko) di tim U-16, pembicaraan tentangnya kian masif. Bersama Dortmund, kami putuskan untuk membuat meneruskan langkahnya dengan klubnya,” ujar Meikel Schonweitz dikutip dari BBC Sports.

Pembicaraan dan pujian serta ramalan-ramalan yang diberikan banyak orang membuat  nama Moukoko pun kian melambung. Kini di usia 16 tahun, ia telah masuk skuat utama Dortmund dan berpotensi melakukan debutnya dalam waktu dekat.

Akankah Youssoufa Moukoko mampu mempertahankan hype yang ia terima di skuat utama Borussia Dortmund nantinya?