Bola Internasional

Antara Schalke 04, Shio Naga dan Ciong di Tahun 2020

Minggu, 22 November 2020 12:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Manchester City
Berstatus Shio Naga, Schalke 04 seperti dalam situasi Ciong di tahun 2020 ini usai gagal meraih kemenangan dalam 24 laga beruntun di Bundesliga Jerman. Copyright: © Manchester City
Berstatus Shio Naga, Schalke 04 seperti dalam situasi Ciong di tahun 2020 ini usai gagal meraih kemenangan dalam 24 laga beruntun di Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM – Tahun 2020 akan berakhir dalam kurun waktu 39 hari lagi. Di tahun ini, banyak hal tak terduga terjadi, termasuk di kancah sepak bola. Salah satu yang mengejutkan adalah rentetan hasil buruk yang diraih Schalke 04.

Tahun 2020 memiliki perbedaan yang sangat drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Covid-19 pun menjadi highlight dari tahun tikus logam menurut kepercayaan orang-orang Tionghoa.

Disebutkan bahwa, tahun tikus logam ini sangat cocok untuk para pemilik Shio Tikus. Menurut perhitungan kalender orang-orang Tionghoa, Shio Tikus akan mendapat keuntungan di tahun 2020 ini.

Selain Shio Tikus, masih ada beberapa Shio lain yang diramalkan mendapat keberuntungan. Salah satunya adalah Shio Naga. Dalam sebuah ramalan, disebutkan Shio Naga yang berstatus Shio terkuat, bakal memiliki kentungan besar namun tetap harus ekstra hati-hati di 2020.

Diramalkan, di tahun 2020 ini Shio Naga tak hanya selalu mendapat hoki, melainkan juga Ciong atau peruntungan yang kurang bagus (kesialan) jika kehilangan motivasi dalam bidangnya.

Jika dikaitkan dengan tim sepak bola, maka Schalke 04 yang masuk dalam kategori Shio Naga (didirikan tahun 1904) tengah menghadapi situasi Ciong di tahun 2020 ini.

Schalke 04 didirikan pada 4 Mie 1904 di Gelsenkirchen, sebuah kota pertambangan di Jerman. Tim berjuluk The Royal Blues ini merupakan tim papan atas dengan segudang prestasinya di kancah domestik.

Rival sekota Borussia Dortmund ini tercatat telah meraih beragam gelar prestisius dari 7 gelar Bundesliga Jerman dan  5 DFB Pokal. Di kancah Eropa, Schalke 04 pernah mengkoleksi gelar Piala UEFA (Liga Europa) tahun 1996/97.

Ragam prestasi tersebut membuat Schalke 04 cukup terpandang di sepak bola Jerman. Bahkan, dalam satu dekade silam, The Royal Blues merupakan penantang gelar dan penghuni papan atas Bundesliga.

Akan tetapi, di 2020 ini laju Schalke 04 jauh dari kata apik. Malahan cenderung buruk untuk ukuran tim dengan status klub penuh sejarah di sepak bola Jerman.

Kembali ke ramalan Shio Naga di tahun 2020 tadi, apa yang dihadapi Schalke 04 nampak memenuhi ramalan tersebut. Motivasi seakan hilang dari tubuh The Royal Blues sehingga menghadapi Ciong di tahun ini.

Sebagai bukti, sejak Januari 2020 hingga artikel ini dimuat, Schalke 04 belum pernah sekalipun meraih kemenangan di kancah Bundesliga Jerman. Jika dirinci, maka The Royal Blues belum pernah menang sejak musim 2019/20 lalu.

Total 24 laga Bundesliga Jerman sejak 25 Januari 2020 hingga saat ini telah dijalani oleh Schalke 04. Dari 24 laga tersebut, The Royal Blues menelan 9 hasil seri dan 15 kekalahan.

Padahal, pergantian pelatih telah dilakukan oleh Schalke 04 di 2020 ini kala memecat David Wagner medio September lalu. Ditunjuknya Manuel Baum sebagai suksesor pun seakan tak merubah keadaan.

Laju buruk ini pun membuat Schalke 04 kini duduk di peringkat ke-17 atau satu strip di atas juru kunci Bundesliga Jerman, Mainz 05.

Mau tak mau, Manuel Baum dan Schalke 04 harus menemukan motivasinya kembali sesegera mungkin untuk setidaknya bertahan di Bundesliga Jerman musim depan.

Di sisa tahun 2020 ini, Schalke 04 memiliki 5 laga di Bundesliga Jerman. Menarik dinanti apakah The Royal Blues bisa segera bangkit? Ataukah tren tak pernah menang akan terus berlanjut?