Liga Spanyol

Sevilla: Antara Misi Globalisasi dan Pesan Never Give Up

Selasa, 24 November 2020 02:08 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Klub Liga Spanyol, Sevilla, mencanangkan re-branding dengan tujuan lebih mengglobal lewat berbagai proyek dan pesan bertajuk Never Surrender atau Never Give Up. Copyright: © INDOSPORT
Klub Liga Spanyol, Sevilla, mencanangkan re-branding dengan tujuan lebih mengglobal lewat berbagai proyek dan pesan bertajuk Never Surrender atau Never Give Up.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Spanyol, Sevilla, mencanangkan re-branding dengan tujuan lebih mengglobal lewat berbagai proyek dan pesan bertajuk Never Surrender atau Never Give Up (jangan menyerah).

Baru-baru ini, Sevilla, bekerja sama dengan LaLiga, mengadakan konferensi pers virtual yang dihadiri sejumlah media di penjuru dunia, termasuk INDOSPORT.

Dalam temu media yang dihadiri Direktur Olahraga Monchi, Sevilla mengumumkan rencana mereka untuk re-branding dengan menggabungkan unsur olahraga (sepak bola) dan hiburan (entertainment).

Tujuannya jelas. Sevilla tak hanya ingin dikenal kompetitif dari segi prestasi, tetapi juga ingin merangkul penduduk lokal dalam memperkenalkan Kota Sevilla yang indah ke warga internasional.

"Kota Sevilla adalah rumah kami, tapi juga daerah wisata bagi jutaan turis internasional. Ini pusat bagian dari identitas kami (warga) yang sekarang kami coba untuk menjadi identitas klub," kata Direktur Pemasaran Sevilla, Ramon Loarte.

Sevilla sudah membuat sejumlah rencana untuk memperkuat merek mereka di mata dunia. Salah satu yang terdekat untuk kawasan Asia ialah proyek di India dan China yang wacananya masih dirahasiakan.

Sembari re-branding, Sevilla juga mengusung pesan Never Surrender, menegaskan bahwa mereka adalah klub yang tidak akan menyerah dalam kondisi apapun.

Pihak Sevilla memberi contoh prestasi naik-turun mereka sepanjang karier sejak berdiri pada 25 Januari 1890.

Los Nervionenses belakangan dikenal sebagai jagoan Liga Europa. Mereka menjuarai turnamen itu enam kali di mana empat gelar terjadi dalam kurun enam tahun terakhir.

Namun, Sevilla juga kerap dalam periode buruk, terutama di kompetisi domestik Spanyol. Gelar dalam negeri terakhir yang mereka rasakan adalah Copa del Rey 2009/10.

Kendati demikian, kemunduran tidak membuat Sevilla menyerah. Mereka terus berbenah sehingga kini menjadi salah satu tim yang dipandang di Spanyol.

Pesan inilah yang coba Sevilla sampaikan lewat kampanye Never Give Up, tepat ketika pandemi corona yang masih terjadi dan membuat banyak orang kesulitan.

"Never Give Up adalah pesan kami untuk para fans di penjuru dunia agar mereka dapat mengatasi setiap tantangan yang mereka hadapi dan meraih kesuksesan," Loarte memaparkan.

Sevilla menyadari bahwa pandemi corona telah membatasi ruang mereka untuk menggerakan proyek, terutama dari segi finansial karena ini membutuhkan investasi.

Akan tetapi, Sevilla enggan menyerah dan mencoba menjalankan proyek globalisasi mereka demi tujuan jangka panjang, terutama dalam rangka bertahan di situasi sulit saat ini yang serba tak menentu.

"Sepak bola seringkali difokuskan pada jangka pendek. Namun, Sevilla ingin berpikir untuk jangka panjang. Karena itu, penting untuk menguatkan brand kami. Yang penting, kami menyadari apa yang kami lakukan. Kami tidak akan menyerah," ujar General Manager Sevilla, Jose Maria Cruz.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%