Bola Internasional

Pengakuan Wasit yang Mengesahkan Gol 'Tangan Tuhan' Diego Maradona

Kamis, 26 November 2020 16:11 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986. Copyright: © Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986.

INDOSPORT.COM – Pengakuan mengejutkan datang dari sosok wasit yang menjadi pengadil lapangan kala gol ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona tercipta.

Sosok wasit tersebut berasal dari Tunisia dan bernama Ali bin Nasser. Sosok yang diketahui menjadi pengadil lapangan kala Maradona berhasil menciptakan gol sarat kontroversi di babak perempat final Piala Dunia 1986 Meksiko antara Argentina vs Inggris.

Dalam wawancara yang dilangsungkan oleh AFP, Ali menyatakan jika Diego Maradona merupakan sosok pesepakbola jenius menyusul meninggalnya legenda Argentina tersebut pada hari Rabu (25/11/2020) kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Ali bin Nasser juga mengungkapkan kisah di balik terciptanya gol ‘Tangan Tuhan’ yang legendaris tersebut.

“Saya tidak melihat adanya tangan di sana. Tetapi saat itu saya diselimuti keraguan,” ujar Ali bin Nasser yang juga merupakan sosok wasit pertama asal Tunisia yang dipercaya untuk memimpin pertandingan Piala Dunia.

“Saya lantas meminta saran dari Bogdan Dochev, asisten wasit asal Bulgaria yang bertugas kala itu. Ketika dia mengatakan tak ada masalah, saya lalu mengesahkan gol tersebut.”

Meskipun disebut melakukan blunder fatal, namun FIFA saat itu memberikan nilai tinggi sebesar 9,4 untuk kinerja Ali di pertandingan Argentina vs Inggris tersebut.

“FIFA memberikan saya nilai 9,4. Saya melakukan apa yang bisa saya lakukan.”

“Memang ada kebingungan yang terjadi saat itu, Dochev pada akhirnya mengatakan jika dia melihat 2 lengan namun dirinya tak yakin apakah itu lengan milik Peter Shilton atau milik Maradona.”

Maradona sendiri diketahui memberikan kunjungan kepada Ali bin Nasser 29 tahun setelah kejadian tersebut. Kunjungan tersebut terjadi kala sang legenda sedang melakukan pengambilan gambar untuk sebuah iklan di Tunisia.

Dalam kunjungan tersebut, selain mengobrol tentang masa lalu dan tentunya tentang gol ‘Tangan Tuhan’, Maradona kabarnya memberikan sebuah kaos untuk Ali dengan tulisan “Untuk Ali kawan abadi saya’.

IDS Emoticon Suka
Suka
10%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
10%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%