Bola Internasional

Legenda Senegal Tutup Usia, Sadio Mane Tulis Pesan Mengharukan

Senin, 30 November 2020 18:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Neal Simpson/EMPICS via Getty Images
Papa Bouba Diop, pemain klub Grasshopper Zurich. Copyright: © Neal Simpson/EMPICS via Getty Images
Papa Bouba Diop, pemain klub Grasshopper Zurich.

INDOSPORT.COM – Bintang Liverpool, Sadio Mane, menulis pesan mengharukan di Instagram untuk menghormati legenda Senegal, Papa Bouba Diop, yang meninggal dunia pada Minggu (29/11/20).

Diberitakan sebelumnya bahwa Papa Bouba Diop meninggal dunia pada usia 42 tahun karena menderita sakit berkepanjangan.

Sementara itu, L'Équipe menulis Diop meninggal karena Charcot disease, sejenis penyakit yang menyerang saraf dan membuat penderitanya merasakan mati rasa pada sendi.

Kepergian Diop rupanya membuat sepak bola di Senegal ikut berduka, tak terkecuali bintang timnas Sadio Mane. Dia pun mengungkapkan duka citanya di Instagram.

“Pape Bouba, dengan hati yang hancur kami mendengar kepergian Anda. Ketahuilah bahwa Anda akan tetap berada di hati kami selamanya bahkan jika Anda pergi tanpa mengucapkan selama tinggal kepada kami,” tulis pemain beragama Islam itu.

Papa Bouba Diop memang pernah menjadi pahlawan bagi negaranya di dunia sepak bola. Namanya selalu dikenang sebagai pemain yang membela timnas Sengeal di Piala Dunia 2002 sebagai tim debutan.

Bertemu Prancis di laga perdana Grup A pada 31 Mei 2002, tak ada yang mengira timnas berjuluk Singa Teranga itu akan memberikan kejutan dengan mengalahkan Les Bleus, terlebih saat itu Prancis berstatus juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Senegal akhirnya menyudahi turnamen di fase perempatfinal, setelah takluk dari Turki lewat golden goal. Nahas bagi Prancis, mereka pulang lebih cepat setelah tersingkir di fase grup tanpa meraih kemenangan dan tak mencetak gol sama sekali.

Sepanjang kariernya, Diop bisa dibilang tak penah membela tim besar. Kiprahnya hanya berkutat di klub-klub macam Neuchatel Xamax, Grasshopper, Lens, Fulham, Portsmouth, AEK Athens, West Ham United, dan Birmingham City.

Capaian yang paling diingat adalah saat ia bersama Portsmouth secara mengejutkan menjadi juara Piala FA 2008. Sementara di level timnas, ia membawa Senegal menjadi runner-up Piala Afrika 2002.

Kepergian Diop menambah duka bagi sepak bola  dunia yang beberapa waktu juga baru ditinggal salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Diego Maradona, legenda asal Argentina, juga baru saja tutup usia pada usia 60 tahun karena serangan jantung pada Rabu (25/11/20).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%