Bursa Transfer

Deretan Bek Berkelas Klub Italia yang Layak Jadi Bintang Baru Liverpool

Kamis, 3 Desember 2020 06:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Srdjan Stevanovic/Getty Images
Nikola Milenkovic, bek Fiorentina yang dikabarkan diincar Liverpool. Copyright: © Srdjan Stevanovic/Getty Images
Nikola Milenkovic, bek Fiorentina yang dikabarkan diincar Liverpool.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah empat bek yang bermain di Liga Italia dan mampu menggantikan peran Virgil van Dijk di Liverpool.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Liverpool sedang mengalami krisis di lini pertahanan mereka. Klub berjuluk The Reds tersebut harus kehilangan Virgil van Dijk hingga akhir musim.

Palang pintu utama Liverpool tersebut mengalami cedera ACL. Kehilangan Van Dijk tentu saja membuat Jurgen Klopp kelimpungan, karena cederanya bek Timnas Belanda itu juga diikuti oleh Fabinho dan Joe Gomez.

Situasi ini tentu tak terpikirkan oleh Klopp sebelumnya. Membeli bek baru adalah solusi cepat The Reds demi menambal kekosongan lini belakang mereka.

Ada sebuah saran untuk Klopp, di mana manajer asal Jerman itu bisa mencari bek tengah dari klub-klub Liga Italia. Berikut ini empat bek dari Liga Italia yang bisa didatangkan Liverpool, dikutip dari Football Italia:

1. Nikola Milenkovic (Fiorentina)

© Getty images
Nikola Milenkovic 2. Copyright: Getty imagesNikola Milenkovic.

Nikola Milenkovic saat ini merupakan bek sentral utama Fiorentina. Ia sudah bermain untuk La Viola selama tiga musim terakhir atau sejak tahun 2017.

Pemain asal Serbia ini sudah memasuki musim keempatnya Fiorentina, di mana dirinya sudah mencatatkan 103 penampilan di semua ajang kompetisi. Dari jumlah itu, bek muda berusia 23 tahun itu menciptakan sembilan gol dan satu assist.

Milenkovic adalah salah satu bek muda yang punya potensi untuk mencapai level lebih tinggi jika bermain di klub besar. Liverpool bisa saja menjadi jalan bagi pemain bertinggi 195 sentimeter ini.

Kontrak Milenkovic di Fiorentina masih tersisa hingga tahun 2022 mendatang. Namun jika ada yang berminat kepada sang bek, La Viola bersedia melepasnya di angka 40 juta euro.

2. Takehiro Tomiyasu (Bologna)

© Koki Nagahama/Getty Images
Takehiro Tomiyasu saat membela Timnas Jepang Copyright: Koki Nagahama/Getty ImagesTakehiro Tomiyasu saat membela Timnas Jepang

Takehiro Tomiyasu adalah bek asal Jepang yang bergabung dengan Bologna pada tahun 2019. Ia didatangkan dari klub Belgia Sint-Truiden dengan mahar sebesar 9 juta euro.

Sejak bergabung dengan Bologna, perkembangan karier Tomiyasu berkembang cukup pesat di bawah tangan dingin pelatih Sinisa Mihajlovic. Pemain berusia 21 tahun ini mampu mendapatkan menit bermain reguler hingga mengundang minat beberapa klub top Eropa pada bursa transfer musim panas kemarin.

Tomiyasu sudah bermain sebanyak 37 kali untuk Bologna di semua ajang dengan torehan sebiji gol. Jika bergabung dengan Liverpool, Tomiyasu akan berjumpa dengan kompatriotnya Takumi Minamino.

3. Merih Demiral (Juventus)

© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Merih Demiral, pemain Juventus. Copyright: Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty ImagesMerih Demiral, pemain Juventus.

Merih Demiral adalah sosok bek muda tangguh yang cukup mencuri perhatian publik. Bermain apik di Sassuolo selama setengah musim 2018/19, Juventus pun tertarik dan merekrutnya pada musim panas 2019.

Pemain Timnas Turki itu langsung mendapatkan cukup banyak kesempatan bermain di bawah asuhan Maurizio Sarri kala itu. Namun cedera ACL membuatnya harus menepi hingga waktu yang cukup lama sehingga ia hanya mencatatkan 14 penampilan untuk Bianconeri pada musim lalu.

Duetnya bersama Matthijs De Ligt digadang-gadang bakal berlangsung dalam periode yang lama dan akan menggantikan peran Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Kontrak Demiral di klub Turin itu masih cukup panjang, yakni hingga tahun 2024 mendatang. Untuk itu, Liverpool tentu bakal membutuhkan uang banyak jika ingin mendatangkan bek 22 tahun ini.

4. Milan Skriniar (Inter Milan)

© Marco Luzzani - Inter/Inter via Getty Images
Milan Skriniar, bek Inter Milan yang diincar Manchester City Copyright: Marco Luzzani - Inter/Inter via Getty ImagesMilan Skriniar, bek Inter Milan yang diincar Manchester City.

Inter Milan mendapatkan servis Milan Skriniar sejak tahun 2017. Dibeli dari Sampdoria, bek asal Slovakia itu mampu menunjukkan performa yang solid dan selalu menjadi pilihan utama di lini belakang Nerazzurri.

Namun, sejak Antonio Conte menangani Inter pada musim 2019/20 hingga saat ini, Skriniar bisa dibilang jarang mendapatkan kesempatan bermain. Ia terlihat tidak cocok dengan skema tiga bek yang digunakan Conte.

Selama membela Inter, Skriniar sudah mencatatkan 130 penampilan di semua kompetisi. Skriniar dinilai bakal cocok dengan Liverpool yang memang menggunakan skema empat bek.