Bola Internasional

Ungkapan Gembira Saimima Saat Bali United Bisa Main di Piala AFC 2021

Kamis, 3 Desember 2020 12:35 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Sidik Saimima (kanan) saat berlatih fisik bersama Paulo Sergio. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Sidik Saimima (kanan) saat berlatih fisik bersama Paulo Sergio.

INDOSPORT.COM - Gelandang Muhammad Sidik Saimima gembira mendengar kabar Bali United mendapat AFC Club Licensing 2020. Verifikasi ini bisa meloloskan Serdadu Tridatu berlaga di Piala AFC 2021.

Sebuah pilihan tepat ketika Saimima menerima pinangan Bali United awal tahun ini. Saimima mewujudkan salah satu mimpinya bermain di level Asia. Dia bahkan mencetak satu gol ke gawang Tampines Rovers dalam kualifikasi Liga Champions Asia 2020.

Sayangnya, pandemi virus corona membuat kompetisi dihentikan. Saimima hanya sempat main dua kali pada fase grup Piala AFC 2020. Namun, peluang untuk kembali berlaga di Asia terbuka lebar pada tahun depan.

"Alhamdulillah, senang sekali Bali United sudah mendapatkan AFC Club Licensing dan bisa berkancah di sepak bola Asia. Semoga tahun depan Bali United bisa berikan yang terbaik untuk Indonesia," ucap Saimima, Rabu (02/12/20) malam.

Saimima masih ingat empat momen ketika dia bermain di level Asia. Dua laga kualifikasi Liga Champions Asia dan dua laga Piala AFC 2020. Dia menyadari bahwa kesempatan ini tak bisa didapat setiap tahun.

"Pertama, bangga bisa bermain untuk Bali United. Kedua, bangga bisa main di AFC. Pemain-pemain lain ingin banget timnya bermain di ajang ini. Ketiga, Alhamdulillah Saimima bisa membanggakan orang tua dan keluarga besar Saimima," tutur Saimima.

Rencananya, Bali United mulai berlatih pada awal Januari 2021. Saat ini, skuat Serdadu Tridatu hanya diwajibkan latihan mandiri di kediaman masing-masing. Tim pelatih juga memperbolehkan para pemain ikut fun game dengan tim lokal.

Saimima sendiri tak pulang ke Maluku. Dia pilih ke Surabaya untuk menjaga kondisi. Saimima kerap berlatih dengan mantan rekan setimnya di Persebaya musim 2017, seperti Oktavianus Fernando, Adam Maulana hingga Irvan Febrianto. Saimima pun gabung tim Ambonesse Surabaya yang diperkuat eks penyerang ganas Persebaya, Reinald Pieters.

Selain Bali United, Persija Jakarta dan Persipura Jayapura punya peluang bermain di Piala AFC 2021. Kedua tim itu menjadi kandidat pengganti PSM Makassar yang gagal mendapatkan AFC Club Licensing 2020. Nantinya, tim pengganti PSM akan bermain dari babak playoff Piala AFC 2021.