Liga Indonesia

Robert Alberts Nilai Persib Layak Bermain di AFC Cup

Sabtu, 5 Desember 2020 09:46 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Media officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap timnya menjadi wakil Indonesia pada ajang AFC Cup. Copyright: © Media officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap timnya menjadi wakil Indonesia pada ajang AFC Cup.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap timnya menjadi wakil Indonesia pada ajang AFC Cup, setelah mendapatkan lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC).

Sebagai informasi, AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

"Dan pertanyaan besarnya ialah, siapa yang akan mewakili Indonesia (untuk komperisi antar klub Asia). Saya tidak memaksakannya, tapi saya harap Persib," ucap Robert Alberts.

Saat ini belum diketahui juara dan runner-up Liga 1 2020, karena kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia terhenti sejak pertengahan Maret lalu karena pandemi corona atau covid-19. 

Rencananya kompetisi Liga 1 2020/2021 akan digelar kembali pada awal Februari 2021 melanjutkan format sebelumnya, dengan begitu pertandingan akan digelar memasuki pekan keempat.

Saat ini, tim Persib masih berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi sembilan poin, hasil dari tiga pertandingan sebelumnya.

Melihat situasi yang terjadi saat ini, pelatih asal Belanda ini menilai Persib layak menjadi salah satu klub yang mewakili Indonesia di kancah Asia.

"Berdasarkan situasi sekarang, kami adalah pemimpin di klasemen liga dan jangan lupa, ini pada prinsipnya adalah liga tahun 2020. Ini sama dengan di Eropa dan negara lain, ketika liga dihentikan, posisi itu dihitung untuk partisipan di kompetisi Eropa," kata Robert Alberts.

"Dan dari sudut pandang saya, saya pikir itu cukup logis ketika liga ditunda dan kami bisa bermain. Karena itu bukan kesalahan kami, dan kami nomor satu di liga. Kami tidak terkalahkan juga," ungkapnya.

Robert Alberts menuturkan, dihentikannya kompetisi sejak pertengahan Maret lalu bukan kesalahan klub. Sehingga, menurutnya tim Persib yang saat ini berada di puncak klasemen Liga 1 layak untuk berlaga di AFC Cup.

"Jadi itu logis untuk menjadi kandidat mewakili Indonesia, dan bermain di level Asia itu selalu menginspirasi pemain, untuk citra klub, bahkan untuk suporter untuk mengukur standar tim Indonesia, dan mendukung timnya menghadapi tim dari negara lain," jelasnya.

Sementara itu, lisensi klub profesional tersebut bukanlah yang pertama bagi skuat Maung Bandung. Karena, status klub profesional dari AFC selalu diperoleh Persib sejak tahun 2015 lalu.