Bola Internasional

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Prancis dan Italia Diuntungkan

Selasa, 8 Desember 2020 02:04 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM - Berikut hasil drawing untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Beberapa tim besar seperti Italia, Prancis, dan Belgia masuk dalam grup yang dapat dikatakan cukup sulit.

Drawing atau undian untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa sendiri telah dilakukan di markas FIFA yang terletak di wilayah Zurich, Swiss, pada Selasa (08/12/20) dini hari WIB.

Dalam drawing kualifikasi Piala Dunia 2022, terdapat 10 grup timnas. Dari 10 grup tersebut, lima di antaranya berisi lima timnas saja, dan sisanya berisi enam timnas.

Terdapat beberapa ketentuan dalam fase drawing kali ini. Sebelumnya empat negara yang sudah dipastikan lolos ke putaran final UEFA Nations League pada Oktober 2021, yakni Belgia, Prancis, Italia, dan Spanyol, diberi 'keringanan' dengan masuk ke dalam empat grup yang hanya berisikan lima tim saja.

Tentu saja ini menjadi sebuah keringanan untuk timnas yang masuk ke dalam grup yang hanya berisikan lima tim saja. Karena mereka akan melakoni pertandingan lebih sedikit dibandingkan yang berisikan enam grup.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar nanti, zona Eropa hanya akan mengirimkan 13 wakilnya. Dari 13 wakil tersebut, 10 di antaranya diambil dari para jawara grup di babak kualifikasi ini.

Sedangkan 10 runner-up grup, akan bergabung dengan dua juara grup UEFA Nations League terbaik yang gagal finish pada urutan dua besar kualifikasi Piala Dunia di bawah ini. 

Sehingga, akan ada 12 tim yang akan melakoni babak play-off lewat tiga jalur terpisah. Dari ketiga jalur tersebut, masing-masing jalur akan ada fase semifinal dan final. Pemenang dari final di ketiga jalur tersebut akan ikut ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Berikut hasil drawing untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

  • Group A: Portugal, Serbia, Rep Irlandia, Luxembourg, Azerbaijan
  • Group B: Spanyol, Swedia, Yunani, Georgia, Kosovo
  • Group C: Italia, Swiss, Irlandia Utara, Bulgaria, Lithuania
  • Group D: Prancis, Ukraina, Finlandia, Bosnia-Herzegovina, Kazakhstan
  • Group E: Belgia, Wales, Republik Ceko, Belarusia, Estonia
  • Group F: Denmark, Austria, Skotlandia, Israel, Faroe Islands, Moldova
  • Group G: Belanda, Turki, Norwegia, Montenegro, Latvia, Gibraltar
  • Group H: Kroasia, Slovakia, Rusia, Slovenia, Siprus, Malta
  • Group I: Inggris, Polandia, Hungaria, Albania, Andorra, San Marino
  • Group J: Jerman, Rumania, Islandia, Makedonia Utara, Armenia, Liechtenstein