Liga Indonesia

Jadwal Piala AFF Diubah, PSSI Ungkap Keuntungan Timnas Indonesia

Selasa, 8 Desember 2020 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Andrew Gal/NurPhoto via Getty Images
Andik Vermansah (kiri) saat membela Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Andrew Gal/NurPhoto via Getty Images
Andik Vermansah (kiri) saat membela Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - PSSI menyatakan menghormati keputusan AFF terkait perubahan jadwal Piala AFF 2020 dari April-Mei tahun depan ke akhir 2021. Keputusan itu dinilai menguntungkan Timnas Indonesia. 

Akibat masih tingginya penyebaran virus corona di Asean, AFF memutuskan kejuaraan dua tahunan dijadwalkan pada 5 Desember 2021 hingga awal 2022. Hal itu juga disetujui PSSI.

"PSSI akan mengikuti keputusan AFF. Tentu ada hal positif dari penundaan ini yakni Timnas Indonesia bisa melakukan persiapan lebih panjang," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dengan ditunda dan diubahnya jadwal Piala AFF 2020, Iwan Bule (sapaan Iriawan) berharap para pemain yang dipanggil bisa memberikan penampilan terbaik. PSSI menargetkan untuk menjadi juara pada event dua tahunan tersebut.

"Kami harap untuk pemain-pemain yang nantinya dipanggil timnas Indonesia dan bermain di Piala AFF agar berjuang keras serta memberikan hasil maksimal. Karena PSSI ingin Timnas Indonesia meraih juara di Piala AFF 2020 yang dihelat akhir tahun 2021 mendatang," tuturnya.

Bagi Indonesia, jika kejuaraan Piala AFF tetap digelar pada April-Mei 2021 tentu akan menyulitkan. Indonesia dihadapkan dengan event besar yakni menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 (Mei-Juni) sehingga fokus dan konsentrasinya dipusatkan kejuaraan dunia itu.

Sementara itu, Presiden AFF Khiev Sameth mengatakan prioritas utama adalah kesehatan dan keselamatan semua orang terkait turnamen tersebut. Karena itu diputuskan adanya perubahan jadwal, apalagi banyak kejuaraan tahun ini yang ditunda dan baru digelar tahun depan.

"Melihat padatnya jadwal sepak bola untuk 2021, baik internasional maupun domestik yang telah diselenggarakan sejak 2020, juga menjadikan penyelenggaraan turnamen kami pada Desember 2020 sebagai waktu yang ideal," pungkas Khiev Sameth.