Senator Argentina Usul Pajang Wajah Diego Maradona Pada Uang Kertas

Selasa, 8 Desember 2020 16:12 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Etsuo Hara/Getty Images
Diego Maradona, saat berseragam Napoli 1986. Copyright: © Etsuo Hara/Getty Images
Diego Maradona, saat berseragam Napoli 1986.

INDOSPORT.COM - Seorang senator Argentina, Norma Durango mengusulkan untuk memasukkan wajah Diego Maradona pada uang kertas di negara tersebut.

Diego Maradona selama ini dikenal sebagai legenda sepak bola Argentina. Pria yang wafat di usia 60 tahun itu sempat menciptakan dua gol tak terlupakan.

Kedua gol itu dicetak pada perempat final Piala Dunia 1986 dalam laga kontra Inggris. Diego Maradona mencetak gol pertama dengan menunju bola melewati kiper Timnas Inggris.

Sedangkan gol kedua terjadi setelah Mardona menggiring bola melewati tujuh pemain Inggris. Berkat kiprah Maradona di dunia sepak bola, negara Argentina turut dikenal oleh banyak orang di dunia.

Untuk menghormati jasanya, Nurma Durango mengusulkan agar wajah mantan pemain Napoli tersebut dipajang di uang kertas 1.000 peso.

"Ide itu bukan hanya untuk mengenali idola kita tetapi juga untuk kepentingan ekonomi. Kami merasa bahwa ketika turis datang ke sini, mereka ingin membawa 'Maradona' berama mereka," ujar Durango dilansir dari Insidesport.

Uang kertas tersebut, bernilai sekitar 12,27 dolar berdasarkan kurs hari Senin (07/12/20). Saat ini uang kertas 1.000 peso di Argentina menampilkan gambar burung nasional, Rufous Hornero.