Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-16 Gunakan Teknologi Canggih Guna Minimalisir Cedera

Selasa, 8 Desember 2020 21:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media PSSI
Sesi latihan Timnas Indonesia U-16. Copyright: © Media PSSI
Sesi latihan Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 tengah menggelar pemusatan di Sleman, Yogyakarta. Dalam pemusatan kali ini, Bima Sakti memanfaatkan Sport Science guna meminimalisir faktor cedera.

Memang dalam pemusatan kali ini Bima Sakti banyak melakukan tes. Salah satunya tes komposisi tubuh (persentase lemak tubuh, massa otot, dll), tes kekuatan eksentrik otot hamstring (nordbord test), tes power + vertical jump dengan force plate, tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, 3D Movement analysis dengan humantrack system.

Menurut pandangan Bima, tes ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera dan melihat kekurangan pemain sepak bola dari segi strength, postural, movement, power.

“Sehingga nantinya bisa mempermudah fisioterapis dan pelatih fisik untuk membuat program pencegahan cedera serta peningkatan kemampuan dari si pemain itu sendiri,” ucap Bima Sakti.

Tes ini sendiri dilakukan oleh team ahli KINETICX dari Surabaya yang bekerja sama dengan VALD PERFORMANCE yang merupakan sport science technology dari Australia.

“Terima kasih kepada PSSI, KINETICX, dan VALD PERFORMANCE di mana mereka sudah membantu tim kami,” tutup Bima.

Pemusatan latihan Timnas U-16 ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Desember 2020. Tes fisik ini juga merupakan rangkaian dari pemusatan latihan yang dilakukan dalam mempersiapkan skuat Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain awal tahun 2021 mendatang.