Liga Indonesia

Profil 2 Pemain Blasteran Timnas U-16: Ronaldo Kwateh dan Victor Dethan

Rabu, 9 Desember 2020 20:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Ronaldo Kwateh (kiri) dalam TC Timnas Indonesia U-16. Copyright: © PSSI
Ronaldo Kwateh (kiri) dalam TC Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-16 kembali menggelar pemusatan latihan (TC) yang berlangsung 6-23 Desember 2020 di Sleman, Yogyakarta. Pelatih Bima Sakti memanggil 26 nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan kali ini.

Dari ke-26 nama itu, Bima Sakti juga memanggil nama-nama baru untuk dinilai kemampuannya. Nantinya ia akan menerapkan sistem promosi dan degradasi sehingga para pemain dalam TC ini diminta untuk bersaing secara sehat.

"Kami akan melihat bagaimana para pemain ini menerapkan instruksi saat latihan, itu nanti menjadi poin penilaian kami dari tim pelatih, meski kerangka tim sudah ada, namun tak menutup kemungkinan, akan ada seleksi lagi, jadi di sini saya harap mereka bisa berkompetisi dengan sehat,” tambahnya. TC

Timnas U-16 ini nanti akan menjadi rangkaian TC yang dilakukan dalam upaya untuk mempersiapkan skuat Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021 mendatang.

Dari 26 nama pemain Timnas U-16 ini, terdapat dua pemain blasteran. Mereka adalah Ronaldo Kwateh dan Victor Jonson Benjamin Dethan. Berikut profil singkat kedua pemain ini.

Ronaldo Kwateh

Pemain bernama lengkap Ronaldo Joybera Kwateh ini sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 di periode November lalu. Saat itu ia mencuri perhatian karena menjadi satu-satunya pemain keturunan yang masuk dalam TC.

Ronaldo memiliki darah keturunan Afrika, tepatnya Liberia, dari sang ayah yang bernama Roberto Kwateh. Roberto sendiri adalah mantan pemain sepak bola yang pernah mengabdi di PSIS Semarang dan Persib Bandung.

Sejak tumbuh besar di kampung halamannya di Bantul, Yogyakarta, Ronaldo Kwateh sudah dibimbing sang ayah untuk menjadi pemain sepak bola dengan diikutkan berbagai sekolah sepak bola seperti SSB Persiba. Ia juga mengikuti sederet turnamen seperti Piala Asprov PSSI DIY.

Ia lalu menimba ilmu di Akademi Persib di Kota Cimahi. Saat pandemi virus corona melanda, Ronaldo mengungkapkan rencana untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah swasta di Cimahi.

Ronaldo Kwateh bergabung dengan Persib U-16 jelang dimulainya putaran kedua babak kualifikasi Elite Pro Academy PSSI U-16, Juni 2019. Laman Persib mencatat, pemain yang berposisi penyerang ini jarang tampil penuh. Pemain bernomor punggung 89 tersebut bermain selama 313 menit dan menorehkan tiga gol.

Victor Jonson Benjamin Dethan

Victor Dethan adalah pemain jebolan Akademi PSM Makassar. Sebetulnya ia sudah mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-16 pada Januari lalu. Sayang, saat itu ia tidak bisa bergabung lantaran cedera. Namun karena tim pelatih masih penasaran dengan kemampuannya, Victor pun akhirnya dipanggil lagi.

Victor Dethan adalah pemain blasteran Kanada-Indonesia. Ia memiliki garis keturunan Kanada dari sang ibu, sementara sang ayah berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Meski blasteran, Victor Dethan bukanlah pemain naturalisasi karena ia lahir di Kupang. Saat ini Victor berposisi sebagai pemain sayap.