Shin Tae-yong Ingin Panggil Sandy Walsh, Media Vietnam Seret Luis Milla

Rabu, 9 Desember 2020 14:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© BELGA
Sandy Walsh. Copyright: © BELGA
Sandy Walsh.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan ingin memanggil pemain naturalisasai Sandy Walsh. Kabar ini rupanya menarik perhatian media Vietnam, yang mengklaim Sandy nyaris gabung ke timnas di era pelatih Luis Milla.

Seperti diketahui, Sandy Walsh, pemain Belanda keturunan Indonesia, baru saja mengklaim akan menjadi pemain naturalisasi selanjutnya demi gabung Timnas Indonesia.

Sandy dalam wawancaranya kepada CNN Indonesia.com pada Senin (07/12/20) mengatakan bahwa hal ini dipastikan setelah dia mendapat kabar dari sekretaris Timnas Indonesia soal rekomendasi Shin Tae-yong.

“Sekretaris Timnas Indonesia memberi tahu saya, tentang pelatih kepala (Shin Tae Yong) dan tentang proses saya (menjadi Warga Negara Indonesia),” kata Sandy Walsh.

Pernyataan Sandy ini rupanya menarik perhatian media di Vietnam, Thanhniem. Media tersebut membangkitkan kembali memori ketika Luis Milla mencoba mendatangkan Sandy Walsh, namun terganjal oleh proses naturalisasinya.

Media itu menuliskan artikel yang bertajuk, “Timnas Indonesia Naturalisasi Mantan ‘Bintang’ Belanda, Tantangan Sepak Bola Asia Tenggara.”

Disebut pula bahwa Sandy Walsh sejatinya pernah melakukan proses nanturalisasi pada 2018 silam, setelah namanya diinginkan Luis Milla masuk ke skuat utama Timnas.

Luis Milla bahkan sudah menyiapkan dua posisi untuk Sandy Walsh di Timnas Indonesia yang tengah bersiap menuju Asian Games 2018 kala itu.

Namun, karena proses naturalisasi butuh waktu lama dan akhirnya mengambang begitu saja, pelatih Spanyol itu tak jadi memanggil Sandy Walsh.

Namun, pemain belakang KV Mechelen itu kini  mengaku mulai mengurus proses naturalisasai dan sudah menghubungi pihak PSSI.

Organisasi tersebut diharapkan untuk mengirim dokumen resmi ke FIFA pada Januari 2021 agar bek berusia 25 tahun itu bisa bermain di sisa pertandingan kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 dan Piala AFC 2023 pada Juni tahun depan.

Bila Sandy Walsh bisa dinaturalisasi dalam waktu dekat, maka dirinya akan menjadi magnet tersendiri bagi Timnas Garuda asuhan Shin Tae-yong. Pasalnya, Sandy dinilai bisa menjadi tambahan untuk lini pertahanan Indonesia yang masih lemah.

Timnas Garuda sejatinya tidak berharap untuk bersaing di Grup G setelah menelan lima kekalahan. Namun kehadiran sejumlah pemain naturalisasi bisa menantang para pemain Thailand, UEA, dan Vietnam di tiga pertandingan tersisa.

Sandy Walsh tercatat pernah bermain untuk timnas junior Belanda (U-15 hingga U-20). Prestasi terbaiknya adalah juara Kejuaraan European U-17 Championship 2019.