Liga Indonesia

Kecewa Liga 1 Tak Kunjung Bergulir, Makan Konate Angkat Kaki dari Persebaya

Jumat, 11 Desember 2020 11:45 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menunjuk Makan Konate sebagai kapten utama untuk Liga 1 2020. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso menunjuk Makan Konate sebagai kapten utama untuk Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 yang tak kunjung menemui titik terang kapan akan kembali dimulai berdampak kepada pemain asing, salah satunya Makan Konate. Gelandang Persebaya Surabaya itu memutuskan mundur.

Keputusan mundur dikarenakan Konate tidak bisa lagi menunggu kepastian soal kelanjutan Liga 1 yang terus-menerus mundur dengan berbagai macam alasan. 

"Selama delapan bulan saya di Indonesia tidak ada kabar soal kompetisi sampai saat ini. Saya tidak bisa menunggu lebih lama lagi," kata Makan Konate, Jumat (11/12/20).

Keputusan untuk mundur dari Persebaya diakui pemain berpaspor Mali itu amat berat. Padahal, Konate optimistis bisa memberikan performa terbaik untuk klub kebanggaan Bonek.

"Jujur keputusan ini sulit. Saya sudah terlanjur menjanjikan trofi juara pada Persebaya, tapi situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Insha Allah suatu saat nanti saya kembali," jelas pengguna nomor punggung 10 itu.

Perasaan berat untuk mundur dari Persebaya bisa dibilang cukup wajar, selama Liga 1 dihentikan pada Maret lalu. Dialah satu-satunya pemain asing yang memilih bertahan di Surabaya dan rela tidak bertemu dengan keluarganya di Mali.

Sayang, kelanjutan Liga 1 hingga kini tak kunjung jelas. Rencana untuk melanjutkan pada 1 Oktober, kemudian 1 November, kemarin akhirnya mundur juga.

Makan Konate merupakan pemain kedua Persebaya Surabaya yang memutuskan mundur, menyusul David Da Silva. Keduanya mengumumkan perpisahan dengan klub yang pernah dibawa menjuarai turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim.