Liga Indonesia

3 Pemain Bali United Susul Dias Angga Ambil Lisensi Pelatih

Sabtu, 12 Desember 2020 20:37 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan melawan Borneo FC, 28 Agustus 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan melawan Borneo FC, 28 Agustus 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Para penggawa Bali United tak mau terus larut dalam kekecewaan lantaran lanjutan kompetisi Liga 1 2020 belum jelas. Sebaliknya, kekosongan agenda ini dimanfaatkan beberapa skuat Serdadu Tridatu untuk mengikuti kursus lisensi kepelatihan.

Leonard Tupamahu merupakan pemain pertama yang memegang lisensi C AFC. Leonard mengambil lisensi kepelatihan pada 2017 lalu saat masih berseragam Borneo FC. Langkah itu kemudian diikuti Dias Angga Putra pada bulan lalu di Kuningan, Jawa Barat.

Kini, ada tiga pemain lagi yang ikut lisensi kepelatihan. Fadil Sausu dan M Taufiq mengikuti lisensi C AFC di Bali. Sementara Gunawan Dwi Cahyo ikut lisensi C AFC di Jakarta.

Mengambil lisensi ini bukan pertanda mereka akan segera pensiun. Bagi para pemain, termasuk penggawa Bali United, lisensi kepelatihan bisa menambah ilmu sekaligus menjadi bekal ketika nanti pensiun.

Salah satunya diutarakan Fadil Sausu. Pemain asal Palu ini sudah lama ingin mengikuti lisensi kepelatihan. Namun, kesibukan sebagai pemain membuat Fadil baru ambil lisensi saat kompetisi libur.

"Keinginannya sudah dari dulu, tapi saya kan masih aktif bermain, saya tidak mungkin ganggu program dari pelatih. Alhamdulillah, bulan ini kita libur kompetisi, tim juga libur, saya beryukur bisa ambil kursus ini," ucap Fadil Sausu, Sabtu (12/12/20).

Dengan segudang pengalaman, Fadil Sausu sebenarnya sudah punya banyak ilmu. Namun, bukan berarti ilmu itu dengan mudah disampaikannya. Ada pengetahuan lain yang wajib dipelajari, terutama cara-cara penyampaian yang baik.

"Saya sudah niat siapa tahu, kan daerah saya, kampung saya belum ada pelatih, saya bisa turunkan ilmu saya. Ada sih, (pengalaman) sebagai pemain, tapi alangkah baiknya saya ambil lisensi terlebih dahulu," tutur Fadil Sausu.

Kursus lisensi pelatih C AFC di Bali sudah dimulai pada Jumat (11/12/20). Kursus akan berjalan hingga 23 Desember mendatang. Fadil Sausu, Taufiq dan Gunawan bisa fokus belajar lantaran program Bali United baru jalan pada akhir Januari 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%