Liga Indonesia

Ikut Kursus Pelatih di Bali, Fadil Sausu Tak Tertarik Cari Bocoran

Sabtu, 12 Desember 2020 22:02 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Bali United, Fadil Sausu tak tertarik mencari bocoran materi kursus pelatih C AFC, meski rekan-rekannya sudah ikut duluan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Bali United, Fadil Sausu tak tertarik mencari bocoran materi kursus pelatih C AFC, meski rekan-rekannya sudah ikut duluan.

INDOSPORT.COM - Kapten Bali United, Fadil Sausu tak tertarik mencari bocoran materi kursus pelatih C AFC, meski rekan-rekannya sudah ikut duluan. Pemain asal Palu ini menikmati setiap materi yang diberikan instruktur.

Fadil mengikuti kursus pelatih di Bali, bersama rekan setimnya, M Taufiq. Selain keduanya, dalam waktu bersamaan Gunawan Dwi Cahyo juga mengambil lisensi C AFC di Jakarta.

Sebelum tiga pemain ini, ada dua rekannya yang lebih dulu mendapat lisensi C AFC. Leonard Tupamahu sudah ikut sejak 2017 lalu. Sementara Dias Angga Putra ikut kursus di Kuningan, Jawa Barat, pada bulan lalu.

Dias dan Leonard sejatinya bisa jadi sumber informasi tentang materi kursus C AFC. Namun, Fadil tak tertarik untuk mengulik materi dari hari ke hari.

"Saya pribadi tidak tanya yang lain bagaimana pelajarannya. Kan namanya di sini belajar. Kita ikuti saja apa yang perlu dipersiapkan. Kita ikuti apa yang dikasih instruktur," ucap Fadil Sausu, Sabtu (12/12/20).

Fadil yakin punya bekal untuk mengikuti materi yang diberikan. Apalagi selama terjun ke profesional, Fadil sudah merasakan dilatih beberapa sosok. 

Di Bali United saja, Fadil pernah dibesut Indra Sjafri, Hans-Petter Schaller, Widodo Cahyono Putra dan kini bersama Stefano Cugurra Teco. Mereka merupakan pelatih berpengalaman dan punya prestasi. Belum lagi ilmu dari asisten pelatih, Eko Purdjianto yang sudah mengantongi lisensi A AFC.

"Pasti apa yang selama ini kita dapatkan, itu juga yang akan dikasih. Tinggal bagaimana kita belajar cara penyampaiannya, untuk ke depan, Insyallah kita jadi pelatih, bisa menurunkan ilmunya itu," tutur pemain asal Palu ini.

Bagi Fadil Sausu, mengikuti kursus ini bukan berarti akan pensiun dalam waktu dekat. Fadil bahkan belum memikirkan kapan akan berhenti menjadi pemain. Ilmu kepelatihan ini merupakan tambahan pengetahuan, sekaligus bekal ketika kelak pensiun.

"Sekarang fokus di sini, lisensi C. Tentang lanjut ke lisensi B, kita lihat ke depan bagaimana. Kalau ada rezeki ke lisensi B, ya kenapa tidak ambil," jelasnya.

Fadil saat ini bisa fokus penuh agar mendapat lisensi C AFC. Bali United baru akan berlatih lagi, paling cepat pada bulan Januari. Bukan saja nasib lanjutan Liga 1 2020 yang belum jelas, babak grup Piala AFC 2021 baru dimulai pada pertengahan Mei mendatang.