Liga Inggris

Laga Derby Manchester yang Tidak Terlupakan dalam Sejarah

Sabtu, 12 Desember 2020 16:02 WIB
Editor: Isman Fadil
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Derby Manchester dalam lanjutan Liga Inggris akan tersaji pada, Minggu (13/12/20) dini hari WIB. Manchester United akan menjadi tuan rumah untuk Manchester City Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Derby Manchester dalam lanjutan Liga Inggris akan tersaji pada, Minggu (13/12/20) dini hari WIB. Manchester United akan menjadi tuan rumah untuk Manchester City

INDOSPORT.COM - Derby Manchester dalam lanjutan Liga Inggris akan tersaji pada, Minggu (13/12/20) dini hari WIB. Manchester United akan menjadi tuan rumah untuk Manchester City di Old Trafford.

Kekalahan 2-3 atas RB Leipzig dan tersingkir dari Liga Champions membuat Manchester United menjadikan Manchester City sebagai pelampiasan di laga nanti.

Apalagi pada musim lalu, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer berhasil mengalahkan Manchester City dalam dua pertemuan terakhir di Liga Inggris.

Meski begitu, Manchester United patut mewaspadai ancaman dari Manchester City yang ingin membalas kekalahan di musim lalu.  

Laga Manchester United vs Manchester City kerap menghadirkan tensi panas dalam 16 tahun terakhir. Kedua tim saling mengalahkan pada setiap musimnya.

Manchester City 4-1 Manchester United

Pada bulan Maret 2004, Manchester City yang menempati peringkat 15 klasemen Liga Inggris, membuat kejutan ketika mereka melumat Manchester United 4-1 di City of Manchester. 

Skuat pas-pasan yang diarsiteki Kevin Keegan benar-benar memberondong gawang Setan Merah dalam masa transisi di bawah rezim Sir Alex Ferguson. 

Robbie Fowler, Jon Macken, Trevor Sinclair dan Shaun Wright-Philiips adalah pencetak gol untuk Manchester City. Sementara Manchester United cuma membalasnya lewat Paul Scholes.

Manchester United 4-3 Manchester City

Pada 20 September 2009, Manchester United menyambut Manchester City di Old Trafford dalam lanjutan Liga Inggris 2009/2010.

Menariknya, Laga ini masih dalam aroma panas tranfer Carlos Tevez dari Manchester United ke Manchester City. 

Kedua tim saling berbalas gol hingga skor 3-3 sampai menit ke-89. Namun, publik tuan rumah bergemuruh setelah tembakan akurat Michael Owen usai menerima umpan Ryan Giggs sukses membobol gawang Manchester City, dan eks striker Liverpool pun menjadi pahlawan kemenangan Manchester United.

Manchester United 1-6 Manchester City

23 Oktober 2011 mungkin menjadi mimpi buruk yang tidak akan terlupakan bagi Manchester United. Bertanding di Old Trafford, Setan Merah secara mengejutkan dibantai Manchester City dengan skor telak 1-6.

Gol skuat asuhan Roberto Mancini saat itu dicetak oleh Mario Balotelli dan Edin Dzeko sama-sama mencetak dua gol, sedangkan sisanya melalui kaki David Silva dan Sergio Aguero. Sedangkan Darren Fletcher menjadi pencetak satu-satunya gol bagi Manchester United.

Manchester City 2-3 Manchester United

Setahun kemudian, Manchester United sukses membalaskan dendamnya dengan mempermalukan Manchester City 3-2 di Etihad Stadium. 

Gol dari tendangan bebas Robin van Persie yang merobek gawang Joe Hart jelang berakhirnya pertandingan memastikan Setan Merah membawa pulang poin penuh.

Pelatih Manchester City saat itu, Roberto Mancini, beralasan Manchester United tidak lebih hebat dari timnya. Namun keberadaan Van Persie telah membuktikan perbedaan kedua tim pada persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris 2012/2013.

Manchester United 0-3 Manchester City

Pada musim 2013/2014, Manchester United mengalami penurunan performa setelah ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson. David Moyes yang menjadi suksesornya gagal membuat penampilan apik Setan Merah.

Bahkan Wayne Rooney dan kawan-kawan takluk 0-3 di Old Trafford pada laga derby Manchester melawan Manchester City.

Manchester City 2-3 Manchester United

Pada 7 April 2018, Manchester United era Jose Mourinho mampu memenangkan pertandingan secara dramatis atas Manchester City asuhan Pep Guardiola dengan skor 3-2.

Sempat tertinggal 0-2 di paruh pertama, dua gol dari Paul Pogba dan satunya dari Chris Smalling membuat Manchester United mencuri poin penuh di Etihad Stadium. Namum kemenangan ini tak bisa membantu Setan Merah memenangkan gelar Liga Inggris 2017/2018.

Manchester City 1-2 Manchester United

Pada musim lalu, Manchester United yang memainkan Jesse Lingard dan Daniel James sukses mempermalukan Manchester City dengan skor 2-1 di Etihad Stadium. 

Dua gol Setan Merah dicetak oleh Marcus Rashford dan Anthony Martial. Sementara City cuma membalasnya lewat Nicolas Otamendi. Kekalahan ini menjadi fakor The Citizens kehilangan gelar Liga Inggris yang jatuh ke tangan Liverpool.