Bola Internasional

Usai Bencana di Laga Bundesliga, Borussia Dortmund Resmi Pecat Pelatihnya

Minggu, 13 Desember 2020 21:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Lars Baron/Getty Images
Lucien Favre langsung dipecat Borussia Dortmund pasca bencana Bundesliga Jerman kontra Stuttgart. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Lucien Favre langsung dipecat Borussia Dortmund pasca bencana Bundesliga Jerman kontra Stuttgart.

INDOSPORT.COM - Malang nian nasib Lucien Favre yang harus dipecat Borussia Dortmund kala Bundesliga Jerman 2020-2021 baru berjalan setengah musim. Hal ini menyangkut laga kontra Stuttgart.

Berlangsung di kandang sendiri, Signal Iduna Park, pelatih berkebangsaan Swiss ini tak menyangka tim besutannya yang berhasil jadi juara grup F Liga Champions begitu buruk permainannya. Bagaimana tidak? Skor 1-5 menjadi awal kehancuran kariernya.

Stuttgart atau yang dikenal juga VfB dikenal sebagai tim promosi, tapi sepak terjang mereka sangat mengagetkan usai hancurkan Jadon Sancho dkk. Gol dari Philipp Forster, Tanguy Coulibaly, Nicolas Gonzalez, dan brace Silas Wamangituka buat Dortmund terpuruk.

Pasca laga Bundesliga Jerman, Favre pun berkata: "Ini sangat buruk karena kami tak terlalu bagus dalam penguasaan bola dan sudah melakukan banyak kesalahan. Sangat sulit untuk mengambil bola lawan mereka, semua tim ini punya banyak masalah,"

Melansir laman berita Daily Mail, imbas dari pembantaian di kandang ini langsung buat manajemen menendang Lucien Favre dari kursi kepelatihan. Menurut pemberitaan lebih lanjut, nantinya Edin Terzic selaku asisten pelatih yang mengisi posisinya sementara.

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih utama dua tahun lalu, Favre memang terkesan mendapat banyak tekanan, terutama untuk hancurkan dominasi Bayern Munchen. Selama dua musim belakangan, ia hanya bisa buat tim Kuning meraih posisi kedua.

Paling terbaru, mantan pelatih Hertha Berlin ini dikritik karena membatasi kreatifitas permainan Die Borussen hingga kebobolan hampir dua kali lipat dari jumlah gol yang tercipta di pentas terakbar Jerman.

Performa buruknya sendiri sempat dapat sorotan dari Mats Hummels salah satu anak asuhnya. Sang bek berusia 31 tahun ini tak segan-segan 'menusuk dari belakang' Favre yang dianggap sebagai biang kerok kekalahan utama kontra Stuttgart.

Kendati punya banyak kekurangan selama lakoni Bundesliga Jerman ini, Lucien Favre ternyata sempat persembahkan gelar bagi Borussia Dortmund. Tercarat, dirinya sempat menangkan DFL Supercup 2019 kala habisi Munchen 2-0.