Liga Indonesia

Mantan Kiper Persib Bandung Era 1980-an Agus Atha Meninggal Dunia

Senin, 14 Desember 2020 14:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib Bandung, Agus Atha (kanan) bersama Yadi Mulyadi (tengah), dan Yayan Sundana (kiri), beberapa waktu lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pemain Persib Bandung, Agus Atha (kanan) bersama Yadi Mulyadi (tengah), dan Yayan Sundana (kiri), beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola Kota Bandung berduka. Salah satu legenda Persib Bandung di era 1980-an hingga awal 1990-an, Agus Atha, meninggal dunia pada Senin (14/12/20).

Agus Atha meninggal di kediamannya, tak jauh dari lapangan Fanshop Mini Soccer, Kota Cimahi, Senin (14/12/20) pagi sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelumnya, almarhum beberapa Minggu ini, kondisi kesehatan menurun lantaran sakit diabetes yang sudah lama dideritanya.

Sebagai informasi, Agus Atha merupakan salah satu pemain Persib di era 1980-an hingga awal 1991. Setelah pensiun sebagai pesepak bola profesional, ia mulai terjun sebagai pelatih dan fokus pembinaan pemain usia muda.

Sebelum meninggal, Agus Atha aktif sebagai pelatih penjaga gawang di Akademi Persib Cimahi (APC). Selain itu, ia juga membuka privat goal keeper bersama mantan pemain dan pelatih kiper Persib, Gatot Prasetyo.

Manajer APC, Firman Hadillah, mengaku kehilangan sosok almarhum. Pasalnya, Agus Atha sudah menjadi bagian dari APC sejak akademi itu didirikan yakni pada 2018 lalu.

"Sudah dari awal didirikan APC bareng-bareng, sosok pelatih yang memiliki ciri khas dan membawa warna, dengan candaannya di dalam maupun luar lapangan," kata Firman.

Selain itu, Agus Atha juga merupakan sosok pekerja keras, tanggung jawab di tambah lagi sangat disiplin waktu baik saat melatih maupun dalam kehidupan sehari-harinya.

"Pak Agus orangnya sangat disiplin, terutama waktu. Jadi anak-anak belum berada di lapangan, dia sudah ada di lapangan duluan, jadi gak pernah terlambat," kenangnya.

Sementara itu, akun Instagram Persib Bandung @persib, menyampaikan belasungkawa dan kehilangan sosok almarhum.

"Segenap keluarga besar #PERSIB turut menyampaikan rasa kehilangan dan bela sungkawa atas meninggalnya mantan kiper Pangeran Biru, Agus Atha. Semoga Almarhum diterima amal ibadahnya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin," tulisannya.