Liga Spanyol

Lebih Hebat dari Koeman, Tiki-Taka Versi Xavi Bisa Bikin Barcelona Mematikan

Rabu, 16 Desember 2020 16:09 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© [email protected]#xavihernández
Xavi Hernandez punya versi Tiki-Taka mematikan kala tukangi Al Sadd. Ia bisa saja gantikan Ronald Koeman yang kian buat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, kian memperihatinkan. Copyright: © Instagram@#xavihernández
Xavi Hernandez punya versi Tiki-Taka mematikan kala tukangi Al Sadd. Ia bisa saja gantikan Ronald Koeman yang kian buat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, kian memperihatinkan.

INDOSPORT.COM - Kapasitas dari Ronald Koeman sebagai pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona patut dipertanyakan.Layak untuk ditendang, posisinya bisa saja terisi oleh Xavi yang tunjukkan taktik Tiki-Taka bersama klub Qatar, Al Sadd.

Semenjak datang dari kursi kepelatihan Timnas Belanda, sepak terjang dari Koeman memang sudah buat para fans atau Cules was-was. Bagaimana tidak? Kemampuan selama di klub-klub besar seperti Everton, Southampton, dan Valencia tak terlalu mentereng.

Benar saja, hal yang ditakutkan pun terjadi usai El Barca kini menyandang status tim medioker. Jika umumnya, Lionel Messi dkk bisa berada pada papan atas klasemen LaLiga Spanyol, kini mereka terpaut sembilan poin dari Real Madrid dan Atletico Madrid.

Pelatih berkebangsaan Belanda ini terbukti gagal tampilkan taktik Tiki-Taka yang jadi andalan Barcelona. Berbeda dengannya, Xavi justru berhasil menunjukkan strategi turun temurun ini kala Al Sadd habisi Al Gharafa 4-1 di Liga Qatar.

Melansir laman berita Sport Bible, kompetisi Timur Tengah ini mungkin tak setara dengan liga Negeri Matador, tapi permainan yang ditampilkan oleh skuat besutan Xavi ini termasuk luar biasa. Pasalnya, taktik populer khas Barca benar-benar buat liga ini bak LaLiga.

Memasuki menit ke-89 kala Al Aalami sudah memimpin tiga angka, passing-passing pendek dari lini bertahan sukses permainkan seluruh pemain Al Gharafa. Umpan-umpan itu cenderung apik hingga buat striker Al Sadd, Baghdad Bounedjah cetak gol dengan mudah.

Imbas kemenangan ini, tim yang bermarkas di Jassim Bin Hamad Stadium itu merajai puncak klasemen. Awalan baik lewat rekor tak terkalahkan bahkan berhasil mereka dapat dengan rincian delapan kali menang dan sekali seri.

Berkat kesuksesannya, Xavi bahkan berhasil mencatatkan rekor baru bagi Al Sadd yang cenderung mulai sempurna baik dalam segi menyerang maupun bertahan. Bandingkan dengan Koeman yang malah membuat catatan lebih buruk ketimbang era Frank Rijkaard.

Xavi kabarnya masih bernafsu untuk jadi pelatih Barcelona dan menyebut Al Sadd sebagai modal awal agar dirinya layak nantinya. Melihat perkembangnya yang pesat, bukan mustahil ia akan segera geser Ronald Koeman yang masih mengecewakan di LaLiga Spanyol.

IDS Emoticon Suka
Suka
36%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
21%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%