Liga Indonesia

Pesan Penting dari Legenda Timnas Indonesia untuk Pesepakbola Muda

Rabu, 16 Desember 2020 07:20 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Firman Utina, memberikan pesan dan motivasi bagi seluruh pemain muda yang saat ini baru berkarier sebagai pesepakbola profesional. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Firman Utina, memberikan pesan dan motivasi bagi seluruh pemain muda yang saat ini baru berkarier sebagai pesepakbola profesional.

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Indonesia, Firman Utina, memberikan pesan dan motivasi bagi seluruh pemain muda yang saat ini baru berkarier sebagai pesepakbola profesional.

Sebagai mantan pemain sepak bola, yang pernah memperkuat beberapa klub besar di Indonesia seperti Arema Malang, Persija Jakarta dan Persib Bandung serta memiliki segudang prestasi, Firman mengingatkan pemain muda untuk bekerja keras dan tidak cepat puas dengan hasil yang diraih.

Selain itu, di usia yang masih muda pemain harus bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Agar menjadi modal untuk masa depan.

"Bagi pemain muda yang kalian lagi berekreasi di sepakbola lapangan hijau, gapai mimpi kalian, karena sepakbola itu sempit ruangnya sangat kecil lakukan yang terbaik. Mudah-mudahan hasil yang baik bisa menunjang masa depan kalian yang lebih baik," kata Firman.

Mantan kapten tim Persib ini menambahkan, setelah pensiun sebagai pemain profesional ada banyak peluang untuk melanjutkan karier di sepakbola, mulai dari pelatih maupun manajer tim.

Prestasi yang diraih saat menjadi pemain, merupakan modal untuk melanjutkan karir tersebut. Sehingga, saat masih aktif sebagai pesepakbola harus bisa memanfaatkan kesempatan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

"Karena setahu saya pesepakbola bola itu gak ada pensiunnya, maka pada saat kalian dihargai prestasinya maka prestasi itu kalian keep baik-baik, sehingga kalian bisa menyiapkan masa depan lebih baik lagi," ucap Firman.

Firman, setelah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional, masih aktif di dunia sepakbola. Hanya saja, saat ini ia fokus pembinaan usia muda di sekolah sepak bola (SSB) FU15 miliknya yang didirikan sejak 2016 lalu.

Selain mengelola SSB, Firman Utina saat ini mulai merambah bisnis dengan membuka konveksi yang berlokasi di kawasan Sadangserang, Kota Bandung. Sama halnya dengan SSB, usaha barunya ini diberi nama FU15.