Bola Internasional

Persipura Gagal ke Asia, PSSI Harusnya Ikuti Aturan AFC

Kamis, 17 Desember 2020 13:55 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena.

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) telah memutuskan dua klub yang akan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021 mendatang. Dua klub tersebut yakni Bali United dan Persija Jakarta.

Penunjukkan dua klub tersebut diambil PSSI dengan mempertimbangkan gelar juara Liga 1 2019 yang diraih oleh Bali United. Sementara Persija Jakarta menggantikan posisi PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia 2019, mengingat klub berjuluk Juku Eja itu tak lolos verifikasi AFC.

Meski sudah melalui sejumlah pertimbangan, namun keputusan PSSI itu tak terlepas dari kritikan. Penunjukkan itu dinilai bertolak belakang dengan aturan AFC.

Seperti yang diungkapkan sekretaris umum Persipura, Rocky Bebena. Jika mengacu pada aturan dalam panduan manual AFC sporting criteria point 9.1, Persipura sebenarnya punya kans untuk mendapatkan jatah satu tiket.

Jelas Rocky, dalam panduan manual Sporting Criteria point 9.1 tersebut sudah di jelaskan urutan klub yang berhak mewakili negaranya pada AFC Cup.

Urutan klub yang berhak mendapatkan jatah ke turnamen Asia berdasarkan aturan AFC sebagai berikut; 9.1.1 Klub Juara Liga domestik, 9.1.2 Juara piala domestik, 9.1.3 Runner up liga domestik, dan 9.1.4 Peringkat tiga liga domestik.

"Persipura ada pada point 9.1.4. Federasi harusnya fair, dan harusnya sesuai regulasi atau aturan AFC. Tidak ada jaminan untuk kami pihak klub," ujar Rocky kepada awak media olahraga INDOSPORT, Kamis (17/12/20).

Meski sedikit kecewa, manajemen Persipura melalui asisten manajer Ridwan Bento Madubun mengaku legowo dan tetap memberikan dukungan kepada Persija Jakarta dan Bali United yang telah menjadi wakil Indonesia di ajang AFC Cup 2021 mendatang.

"Kita ucapkan selamat kepada Persija dan Bali United. Kita tetap berikan support dan semoga keduanya bisa meraih hasil yang diharapkan," ujar Bento.

Persipura sebelumnya masuk dalam daftar 7 kandidat klub yang berpeluang mewakili Indonesia ke pentas Asia, berdasarkan hasil verifikasi klub profesional AFC. Sedangkan 6 klub lainnya yakni Persija, Bali United, Persib Bandung, Borneo FC, Arema Malang dan Bhayangkara Solo FC.