Bola Internasional

Kembali Bersinarnya Gelandang Jong Ambon Navarone Foor di Liga Eropa

Minggu, 20 Desember 2020 18:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Intip kisah Navarone Foor, salah satu gelandang berdarah Maluku yang kembali menemukan performa terbaiknya di kompetisi tertinggi Liga Eropa. Seperti apa ceritanya?

Nama Navarone Foor sendiri memang sempat menjadi buah bibir sejak beberapa tahun terakhir, tepatnya saat sang pemain diketahui memiliki darah keturunan Indonesia dan siap membela Timnas Senior.

Dilansir dari laman Kareba Toraja, disebutkan bahwa Navarone Foor memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya.

Diketahui jika ang nenek, Christina Seru, merupakan perempuan yang berasal dari Kalimbuang, Kapala Pitu, Toraja Utara. Sedangkan sang kakek adalah Foor yang berasal dari Key, Maluku Tenggara.

"Navarone itu sepupu saya. Baru-baru ini saya video-callan sama dia. Dia juga senang kalau diberi kesempatan membela Merah-Putih melalui timnas Indonesia senior," ujar Arteis Lolo, sepupu dari Navarone Foor.

"Dia bilang jika tidak ada halangan akan melihat kampung halaman ke Toraja pada bulan Oktober ini," tambahnya.

Malang melintang dengan memperkuat sejumlah tim besar Belanda seperti NEC Nijmegen dan Vitesse, gelandang berusia 28 tahun ini membuat kejutan dengan pindah ke klub Ittihad Kalba yang berkompetisi di liga Uni Emirate Arab pada awal 2020 silam.

Banyak rumor menyebut, jika kepindahan Navarone Foor ke Ittihad Kalba untuk mempermudah tim pelatih Timnas Indonesia memantau permainannya sehingga memperbesar peluangnya berseragam Merah-Putih.

Namun sayang, penampilan Navarone Foor bersama Ittihad Kalba terbilang buruk. Tercatat selama berada di UEA, dirinya cuma bisa menorehkan 5 penampilan di semua ajang dengan raihan satu assists.

Buruknya penampilan Navarone Foor, membuat namanya sempat hilang dari pemberitaan. Namun karirnya berhasil terselamatkan, setelah di bulan September 2020 atau delapan bulan setelah membela Ittihad Kalba, dirinya memutuskan kembali ke Eropa dengan memperkuat Pafos FC.