Bola Internasional

Tommy St. Jago, Si 'Bang Jago' Berdarah Indonesia yang Diincar Aston Villa

Sabtu, 28 November 2020 17:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Tommy St. Jago Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Tommy St. Jago

INDOSPORT.COM - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang 'menyebar' keturunannya di segala penjuru dunia dalam ranah sepak bola. Dan terbaru, terdapat nama Tommy St. Jago, remaja tangguh berdarah Indonesia-Belanda-Curacao.

Seperti kita ketahui sebelumnya, banyak sekali pemain-pemain yang bernaung di kompetisi Eropa, terutama Belanda, yang memiliki darah campuran dengan Indonesia. Hal ini tak mengherankan, mengingat Belanda dulu sempat menduduki wilayah Tanah Air selama ratusan tahun lamanya.

Hal itu pun terbawa hingga kini, tepatnya dalam ranah sepak bola. Banyak pemain-pemain yang bermain di klub sepak bola Belanda, baik akademi hingga senior, dan memiliki darah Indonesia.

Salah satu pemain Belanda berdarah Indonesia yang paling terkenal adalah Robin van Persie. Siapa yang tidak kenal dengan 'legenda' Manchester United dengan cap pengkhianat dari Arsenal satu ini?

Tak hanya dari Belanda, terdapat pula beberapa pemain keturunan Indonesia yang juga berkarier di luar Negeri Kincir Angin. Salah satunya adalah Radja Nainggolan, bintang Inter Milan yang juga pernah memperkuat Timnas Belgia.

Terbaru, terdapat nama Pascal Struijk. Bek tangguh keturunan Indonesia-Belanda ini bermain di divisi utama Liga Inggris, alias Liga Primer Inggris bersama dengan Leeds United.

Bek berusia 21 tahun ini sempat viral saat laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2020/2021. Kala itu, Leeds Uniter bertandang ke tempat angker di Inggris, Anfield Stadium, markas dari Liverpool.

Dalam laga tersebut, Leeds United kalah 3-4. Namun aksi Pascal dalam laga itu menjadi sorotan media-media ternama Inggris. Pasalnya, Pascal dimainkan sejak menit pertama karena untuk menggantikan bek utama The Peacocks, yakni Liam Cooper.

Membuat trio penyerang berkualitas Liverpool seperti Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino kewalahan, membuat legenda Leeds United, Noel Whelan, memuji remaja berdarah Indonesia itu.

“Saya pikir Struijk memiliki permainan yang baik di laga itu mengingat ia menghadapi tiga penyerang tangguh. Dia tidak banyak berbuat kesalahan,” ujar Whelan usai laga Liverpool vs Leeds United.

Selain Pascal Struijk, terdapat pula pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Liga Primer Inggris. Dia adalah Justin Quincy Hubner, bek berusia 18 tahun milik Wolverhampton Wanderers.

Tak sampai di situ, pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Liga Primer Inggris berpotensi bertambah dengan kehadiran satu sosok lagi pemain bintang dari klub Belanda. Dia adalah Tommy St. Jago, bek andalan FC Utrecht.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%