Liga Indonesia

Gelandang Persib Nilai Pemain Indonesia Memiliki Potensi Bermain di Eropa dan Jepang

Selasa, 22 Desember 2020 19:21 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang tim Persib Bandung, Abdul Aziz, menilai pesepak bola Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan kariernya di luar negeri. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang tim Persib Bandung, Abdul Aziz, menilai pesepak bola Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan kariernya di luar negeri.

INDOSPORT.COM - Gelandang tim Persib Bandung, Abdul Aziz, menilai pesepak bola Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan kariernya di luar negeri bahkan Eropa terutama yang usianya masih muda. 

Menurut Abdul Aziz, Indonesia memiliki banyak pemain yang potensial yang berpeluang memperkuat tim Eropa. Hal itu, terbukti lantaran saat ini ada beberapa pemain muda Indonesia yang berkarir di Eropa.

Pemain muda asal Indonesia yang saat ini berkarier di Eropa, diantaranya Egy Maulana Vikir (Lechia Gdansk), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), Brylian Aldama (HNK Rijeka), dan Bagus Kahfi (Jong Utrecht)

Selain Eropa, pesepak bola Indonesia juga memiliki peluang untuk melebarkan karirnya di kawasan Asia yang sepak bola sudah berkembang, seperti Jepang.

"Sejauh ini potensi sudah ada banyak pemain pemain di usia 20 yang main di Eropa, tapi tidak menutup kemungkinam pemain Indonesia lainnya main di Asia seperti Jepang," kata Abdul Aziz.

Sebelumnya, pemain jebolan Diklat Persib ini bersama mantan rekan setimnya asal Jepang, Shohei Matsunaga, mengikuti kegiatan coaching clinic yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/12/20).

Kegiatan tersebut, merupakan bentuk kerjasama antara Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizuoka, Jepang, yang bertemakan Since We: Meet Shizuoka. Abdul Aziz dan Matsunaga membagi ilmunya kepada pemainnya U-15 dari Akademi Persib.

Matsunaga, menyampaikan materi latihan teknik dasar seperti passing, dribbling dan shooting kepada para pemain, secara virtual dari Jepang. 

Abdul Aziz berharap, dari kegiatan tersebut membuat pemain muda semakin termotivasi, sehingga kedepannya mereka bisa berkarir di luar negeri salah satu diantaranya Jepang.

"Siapa tahu ada yang berpindah dari Indonesia main ke Liga Jepang, mudah-mudahan kedepannya pemain Indonesia bisa main ke Jepang," harap Abdul Aziz

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%