Liga Inggris

Deretan Pemain Bintang yang Tinggalkan Liga Inggris di 2020, Siapa Tersukses?

Rabu, 23 Desember 2020 14:32 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Sepanjang tahun 2020, sejumlah pemain dari David Silva hingga Christian Eriksen meninggalkan Liga Inggris. Siapa saja yang sukses dan siapa saja yang gagal? Copyright: © Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Sepanjang tahun 2020, sejumlah pemain dari David Silva hingga Christian Eriksen meninggalkan Liga Inggris. Siapa saja yang sukses dan siapa saja yang gagal?

INDOSPORT.COM – Sepanjang tahun 2020, sejumlah pemain dari David Silva hingga Christian Eriksen meninggalkan Liga Inggris. Siapa saja yang sukses dan siapa saja yang gagal? 

Kompetisi Liga Inggris dikenal sebagai tujuan para bintang-bintang sepak bola. Ketatnya persaingan dan besarnya gaji yang ditawarkan menjadi beberapa alasan para pemain tersebut bersedia pindah ke Inggris.

Meski demikian, tak jarang pula ada bintang-bintang yang justru meninggalkan Liga Inggris untuk menjajal liga top Eropa lainnya. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari kembali ke liga tempat mereka mengawali karier, hingga mencari jaminan menit bermain di tempat yang baru.

Sepanjang tahun 2020 ini, sejumlah bintang pun memilih meninggalkan Liga Inggris. Beberapa di antaranya sudah terbilang veteran seperti David Silva, namun ada pula yang masih di usia emas seperti Christian Eriksen.

Kepindahan itu pun terbukti memberikan hasil yang berbeda-beda. Ada yang sekadar menjadi pelapis, ada pula yang menjadi pemain kunci di klub barunya. Lantas, siapa yang sukses dan siapa yang gagal?

Berikut INDOSPORT memilihkan 5 bintang yang meninggalkan Liga Inggris di tahun 2020 dan situasi mereka saat ini.

1. Christian Eriksen

Christian Eriksen menjadi salah satu nama besar yang meninggalkan Liga Inggris pada awal 2020. Di bursa transfer Januari, ia meninggalkan Tottenham Hotspur setelah 6,5 musim dengan catatan 69 gol dan 89 assist, untuk bergabung dengan Inter Milan.

Tampil gemilang di London Utara, Christian Eriksen digadang jadi andalan lini tengah Inter Milan. Nyatanya, ia tampil buruk dan tak bisa menyatu dengan skema Antonio Conte. Dari 38 penampilan selama setahun, hanya 15 kali ia menjadi starter. Ia pun hanya bisa mencetak 4 gol dan 3 assist.

2. Ashley Young

© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Selebrasi Ashley Young usai mencetak gol di laga Atalanta vs Inter Milan Copyright: Claudio Villa - Inter/Inter via Getty ImagesSelebrasi Ashley Young usai mencetak gol untuk Inter Milan

Veteran Liga Inggris lainnya yang juga pindah ke liga lain pada Januari 2020 adalah Ashley Young. Kapten MU ini memilih hengkang ke Serie A Italia bersama Inter Milan dengan kontrak 6 bulan, setelah menjadi pemain Setan Merah selama 8,5 musim dan menghadirkan 1 gelar Liga Inggris dan Liga Europa.

Ashley Young pun langsung jadi andalan Antonio Conte di paruh kedua musim lalu. Ia tampil 18 kali di Serie A Italia dan menyumbangkan 4 gol serta 4 assist. Aksinya membuahkan membuahkan perpanjangan kontrak hingga Juni 2021 dan musim ini ia sudah tampil 15 kali di semua kompetisi.