Bola Internasional

5 Laga Boxing Day Terbaik di Liga Primer Inggris

Kamis, 24 Desember 2020 20:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Sportskeeda
Manchester United vs Newcastle di laga Boxing Day Liga Inggris musim 2012/13. Copyright: © Sportskeeda
Manchester United vs Newcastle di laga Boxing Day Liga Inggris musim 2012/13.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu matchday terunik dalam sepak bola Inggris, laga Boxing Day juga menghasilkan banyak laga  seru  di era Liga Primer Inggris. 

Asosiasi sepak bola Inggris (FA) tidak sembarangan dalam mengatur jadwal pertandingan Liga Inggris di hari Boxing Day. 

Kompetisi sepak bola Eropa pada umumnya akan diliburkan di pekan Hari Raya Natal. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi sepak bola Inggris. 

Sehari setelah Natal, atau tanggal 26 Desember, pertandingan tetap dilakukan dan bahkan digelar serentak.Hari digelarnya pertandingan pun dikenal dengan istilah Boxing Day. 

Di hari itu, Liga Primer Inggris biasanya akan menggelar 10 pertandingan serentak. Tak cuma Liga Primer, Boxing Day juga mencakup kompetisi di bawahnya seperti Championship dan League One. 

Pada matchday spesial sehari setelah Natal ini tersaji banyak laga-laga menarik. Lalu, mana saja pertandingan-pertandingan Boxing Day terbaik sepanjang masa di Liga Inggris?

5. Coventry City 3-2 Arsenal (1998-1999)

Desember 1998, pertandingan Boxing Day menjadi laga penting bagi klub Arsenal yang tengah bersaing di jalur juara dengan Manchester United. Pada Boxing Day tersebut, Arsenal bertandang ke markas Coventry City di West Midland. 

Datang sebagai tim unggulan, Arsenal tak menyangka jika laga Boxing Day menjadi sebuah malapetaka untuk mereka. Arsenal diharuskan untuk meraih poin maksimal kala bertandang ke markas Coventry yang notabene bukan lawan sulit bagi mereka. 

Sebab, di pekan sebelumnya, Arsenal harus rela ditahan imbang klub papan bawah, Wimbledon, dengan skor 1-1. Namun, Arsenal yang kala itu diperkuat bintang-bintang seperti Marc Overmars, Emmanuel Petit, David Seamen, sampai Kanu dibuat tak berdaya. 

Mereka harus menyerah di tangan Coventry City dengan skor 3-2. Membuang tiga poin di laga ini pada akhirnya berkontribusi besar dalam kegagalan mereka menjuarai Liga Inggris. 

4. Sheffield Wednesday 3-3 Manchester United (1992-1993)

Musim 1992-1993 adalah kompetisi pertama di era Liga Primer Inggris. 26 Desember 1999 pun turut menjadi pertandingan Boxing Day pertama di era Liga Primer. 

Pada pekan spesial tersebut, terselip laga super menarik antara Sheffield Wednesday melawan Manchester United. Pada laga ini, The Red Devils harus tertinggal 3-0 dari tim tuan rumah. 

Skuad asuhan Alex Ferguson pun di ambang kekalahan. Namun, Man United yang kala itu diperkuat oleh Eric Cantona, mengamuk dan mengejar ketertinggalan menjadi 3-3. 

3. Mancehster United 4-3 Newcastle United (2012-2013) 

Manchester United kembali menghiasai salah satu laga Boxing Day paling seru dan menarik. Kali ini mereka terlibat dalam pertandingan melawan Newcastle United di Old Trafford. 

Man United yang diunggulkan untuk menjuarai Liga Inggris dibuat terkejut dengan penampilan spartan Newcastle United. Kejar mengejar gol terjadi antara kedua tim sampai akhirnya skor 3-3 tercipta di babak injury time. 

Ketika pertandingan disangka akan berakhir imbang, Chicarito sukses menjadi penentu kemenangan untuk Setan Merah dengan golnya pada masa tambahan waktu. Laga ini pun semakin mempertegas istilah Fergie Time alias gol penentu kemenangan yang terjadi di pengujung laga. 

2. Chelsea 4-4 Aston Villa (2007-2008)

Laga seru antara Chelsea vs Aston Villa di Boxing Day musim 2007-2008 rasanya pantas dimasukkan ke dalam daftar ini. Laga kedua tim berlangsung seru dengan dibanjiri gol dan kartu merah. 

Chelsea dan Villa sama-sama bermain menyerang dan ingin menang di laga ini. Kejar mengejar gol pun terjadi. Namun, di saat unggul, petaka datang menghampiri Chelsea. 

Sebanyak dua kartu merah sekaligus diberikan wasit kepada pemainnya yang salah satunya berbuntut penalti. Oleh karena penalti tersebut, Aston Villa pun sanggup menyamakan kedudukan menjadi 4-4 dan membuat mulut pendukung Chelsea di Stamford Bridge tertutup. 

Sampai saat ini, laga antara Chelsea vs Villa di tahun 2007 begitu diingat oleh para fans The Blues. Sebab, di laga ini Chelsea bermain sangat buruk di lini belakang. 

1. Arsenal 2-1 Chelsea (2001-2002)

Laga Boxing Day pada Desember 2001 tak akan dilupakan oleh para penggemar Arsenal. Sebab, di pekan ini mereka terlibat dalam laga Derby London menghadapi Chelsea. 

Laga ini berlangsung sangat seru di mana Chelsea memberikan perlawan sengit untuk skuad asuhan Arsene Wenger. The Blues sempat unggul terlebih dulu lewat pemain muda mereka, Frank Lampard. 

Namun, Arsenal tak menyerah. Mereka mampu menyamakan skor lewat Sol Campbell dan akhirnya mampu berbalik unggul lewat gol dramatis Sylvain Wiltord. Atas kemenangan di laga Boxing Day ini, Arsenal langsung naik ke puncak klasemen sementara Liga Inggris