Liga Indonesia

Dengar Musik hingga Ayat Kursi, 3 Kebiasaan Penggawa Timnas Jelang Kick-off

Kamis, 24 Desember 2020 17:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Latihan Timnas U-23 di Lapangan G Senayan, Jakarta. Copyright: © PSSI
Latihan Timnas U-23 di Lapangan G Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Rasa grogi, panik, dan beragam rasa tercampur dalam benak pemain Timnas Indonesia ketika menjelang kick off. Hal ini pun sudah bukan lagi menjadi rahasia umum lagi terlebih laga yang akan dihadapi adalah laga besar atau laga yang sangat menentukan.

Beragam cara pun dilakukan para pemain Timnas Indonesia untuk menghilangkan rasa grogi ini. Seperti apa yang dilakukan tiga penggawa Timnas Indonesia berikut ini.

Salah satunya bek kanan Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa. Saudara kembar dari Bagus Kahfi ini mengaku mendengarkan musik menjadi senjata ampuh dirinya dalam mengusir rasa grogi.

"Ketika di ruang ganti, sembari menunggu masuk lapangan dan mendengar instruksi pelatih, saya biasanya mendengarkan lagu. Ini saya lakukan agar tubuh tidak tegang dan semakin siap ketika bertanding," kata Bagas Kaffa dikutip dari Instagram PSSI.

Beda lagi dengan penggawa Timnas Indonesia U-19 lainnya, Andi Irfan. Ketika di ruang ganti, Andi lebih suka membaca Alquran.

"Biasanya saya meluangkan waktu baca Al-Quran terkhusus surat Al-Waqiah. Saya juga akan menelepon orang tua meminta restu agar pertandingan lancar," ujar Andi Irfan.

Hal senada juga dilakukan oleh penggawa Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar. Pemain PSM Makassar ini juga menyeruput kopi demi mendapat rasa lebih nyaman. 

"Saya selalu mengkhusyukan diri dengan berdzikir dan baca ayat kursi. Selain itu saja juga minun kopi agar lebih nyaman ketika bertanding di lapangan," pungkas Asnawi.