Liga Italia

Ballon d'Or Bodo Amat! Ibrahimovic Lebih Bangga Jadi Pemain Terbaik Swedia

Senin, 28 Desember 2020 10:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Marco Luzzani/Getty Images
Selebrasi gol Zlatan Ibrahimovic dalam lanjutan Liga Italia AC Milan vs AS Roma. Copyright: © Marco Luzzani/Getty Images
Selebrasi gol Zlatan Ibrahimovic dalam lanjutan Liga Italia AC Milan vs AS Roma.

INDOSPORT.COM – Zlatan Ibrahimovic belum sekali pun memenangkan penghargaan Ballon d’Or, namun dia mengaku tak mempermasalahkannya. Namun, hal itu tidak membuatnya cemas.

Zlatan Ibrahimovic tidak diragukan lagi kehebatannya di sepak bola. Performa tajam dan produktivitas gol yang moncer sejatinya membuat dia layak memenangkan trofi Pemain Terbaik versi majalah Prancis alias Ballon d’Or.

Namun bintang AC Milan itu selalu gagal memenangkan penghargaan itu dari 11 kali kesempatan masuk nominasi di sepanjang 25 tahun kariernya.

Pencapaian tertinggi Ibrahimovic adalah menempati urutan keempat pada penghargaan Ballon d’Or 2013 yang dimenangkan Cristiano Ronaldo. Pada saat itu, dia juga kalah unggul dari Lionel Messi dan Frank Ribery.

Meski selalu gagal dalam peburuan Ballon d’Or, Ibrahimovic mengaku tak mempermasalahkannya, karena baginya menjadi pemain terbaik di negaranya sendiri, Swedia, lebih penting ketimbang trofi Ballon d’Or.

Diketahui, Ibrahimovic memang sudah 12 kali memenangkan penghargaan Guldbollen (Ballon d'Or versi Swedia) 12 kali sepanjang karriernya yang gemilang itu.

"Saya tidak sudi menukar 12 Guldbollen milik saya dengan satu dari France Football," kata Zlatan Ibrahimovic dalam sebuah wawancara dengan Sportweek, dilansir dari Sun Sport.

"Karena bagi saya, gelar itu berarti kontinuitas. Saya telah melihat banyak orang memenangi Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, dan juga Ballon d'Or, lalu mereka menghilang setelah mengalami tahun yang fantastis," imbuh mantan bintang Manchester United ini.

“Saya sendiri sudah memainkan sepak bola selama 25 tahun. Saya selalu di atas. Ini bukan suatu keberuntungan. Ini perbedaan besar.”

Ibrahimovic sendiri  sedang menikmati kebangkitan performanya di periode kedua bersama pemuncak Serie A Italia, AC Milan, musim ini.

Mantan pemain Juventus dan Inter Milan itu sukses membukukan 11 gol dari 10 penampilan di semua kompetisi. Khusus di pentas Serie A atau kompetisi teratas Liga Italia, Ibra telah mencetak 10 gol dari enam pertandingan.