Liga Indonesia

Mengusung Go Green, Lapangan Latih JIS Gunakan Burung untuk Perawatan

Senin, 28 Desember 2020 15:38 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Persija
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Lapangan Latih Jakarta International Stadium (JIS), Senin (28/12/20). Copyright: © Persija
Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan Lapangan Latih Jakarta International Stadium (JIS), Senin (28/12/20).

INDOSPORT.COM - Dua lapangan latih di Jakarta Internasional Stadium telah rampung. Bahkan dua lapangan latih ini sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara virtual.

Dua lapangan ini pun diklaim sudah standar FIFA dengan ukuran 165×68 meter. Lapangan ini pun mengusung tema go green dalam perawatannya. Diutarakan oleh Dirut PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto, Jakarta International Stadium beserta sarana pendukungnya mengusung konsep green building dalam proses pemeliharaannya.

Ada hal unik dalam perawatan lapangan latih JIS ini. Dimana Jakpro mengandalkan hewan burung kaki bayam. Dimana nantinya burung ini akan membasmi hama dan mengkonsumsi rumput liar yang tumbuh.

"Untuk lapangan latihan ini perlu kami sampaikan bahwa ini rumputnya sudah hybrid yakni kombinasi rumput alami dan sintetis," kata Dwi

"Pemeliharannya pun karena mengacu green building, jadi tidak pakai pestisida apapun, kita mengoptimalkan peran alam, pakai burung kaki bayam, yang akan membasmi hama dan ulat-ulat di rumput" tambah ia.

Dwi pun menjelaskan burung ini sengaja dipelihara dan memang sudah jinak. Setidaknya untuk perawatan, Jakpro mengandalkan 10 ekor burung kaki bayam.

"Burungnya memang sengaja kita pelihara dan sudah jinak. Jumlahnya ada sekitar 10 ekor dan mereka kerjanya sekitar empat jam setiap pagi," beber Dwi.