Liga Inggris

Frank Lampard di Ujung Tanduk, 4 Pelatih yang Bisa Segera Tukangi Chelsea

Sabtu, 2 Januari 2021 13:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Wallpaper Cave
Sejumlah pelatih top Eropa mulai mengantre untuk menggantikan Frank Lampard yang tampil mengecewakan bersama klub Liga Inggris, Chelsea. Copyright: © Wallpaper Cave
Sejumlah pelatih top Eropa mulai mengantre untuk menggantikan Frank Lampard yang tampil mengecewakan bersama klub Liga Inggris, Chelsea.

INDOSPORT.COM - Sejumlah pelatih top Eropa mulai mengantre untuk menggantikan Frank Lampard yang tampil mengecewakan bersama klub Liga Inggris, Chelsea

Klub Chelsea tengah dalam laju buruk di Liga Inggris musim ini. Setelah sempat tampil di papan atas, The Blues perlahan mengalami penurunan performa jelang paruh musim. 

Dari lima laga terakhir, skuad asuhan Frank Lampard hanya meraih empat poin dari hasil 1 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kalah. Dalam dua laga terakhir, mereka ditekuk Arsenal 1-3 dan diimbangi Aston Villa 1-1. 

Posisi Chelsea kini melorot ke peringkat enam klasemen dengan 26 poin dari 16 laga. The Blues tertinggal enam angka dari Liverpool di puncak klasemen yang baru main 15 kali. 

Situasi ini membuat posisi Frank Lampard kembali digoyang. Lampard kembali diragukan dapat memimpin Chelsea tampil kompetitif musim ini setelah belanja besar-besaran pada musim panas lalu. 

Jika performa tak kunjung membaik, pemecatan sangat mungkin menimpa Lampard dalam waktu dekat ini. Apabila itu benar terjadi, siapa kandidat pelatih yang cocok untuk menggantikannya di Chelsea saat ini? Berikut kami berikan ulasannya. 

1. Lucien Favre

Lucien Favre patut dipertimbangkan sebagai calon pelatih Chelsea musim ini. Favre baru saja dipecat dari klub Borussia Dortmund. Favre dipecat usai timnya kalah 1-5 dari Stuttgart. 

walau begitu, Lucien Favre memiliki rekam jejak yang mumpuni. Ia adalah pelatih yang membawa Dortmund finis di posisi kedua Bundesliga dalam dua musim beruntun. 

Pelatih asal Swiss juga mencuri perhatian saat membesut tim kuda hitam Ligue 1, Nice. Dengan materi pemain melimpah di Chelsea, Favre diyakini dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dari Lampard. 

2. Julian Nagelsmann 

Di usia yang masih sangat muda, 33 tahun, Julian Nagelsmann sudah menjadi pelatih papan atas di Eropa. Bersama RB Leipzig, Nagelsmann mampu melenggang ke semifinal Liga Champions Eropa. 

Di Bundesliga Jerman, Leipzig asuhan Nagelsmann juga konsisten di papan atas. Kehebatan Nagelsmann sebetulnya sudah tercium saat dirinya menukangi Hoffenheim. 

Melihat fakta ini, Nagelsmann tentu sangat mumpuni sebagai pelatih Chelsea. Apalagi, di Stamford Bridge saat ini ada duo Kai Havertz dan Timo Werner yang notabene sama-sama berasal dari Jerman. 

3. Thomas Tuchel

Sama seperti Lucien Favre, Thomas Tuchel menjadi pelatih top lain yang tengah menganggur saat ini. Pelatih asal Jerman ini baru dipecat dari kursi kepelatihan raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain. 

Meski begitu, Tuchel memiliki kualitas yang mumpuni. Musim lalu Tuchel sukses membawa PSG menjuarai Ligue 1 dan tembus ke final Liga Champions. 

Dengan modal tersebut, ia diyakini tak menemukan kesulitan untuk membawa Chelsea bersaing di papan atas Liga Inggris

4. John Terry

Nama John Terry tentu tak bisa dilepaskan sebagai calon pengganti Frank Lampard. Sama seperti Lampard, Terry merupakan salah satu legenda The Blues.

Saat ini Terry tengah menimba ilmu kepelatihan di klub Liga Inggris lainnya, Aston Villa, sebagai asisten Dean Smith. Mengingat maraknya pelatih-pelatih muda yang membesut klub besar Inggris, Terry jelas bisa jadi kandidat kuat pelatih Chelsea berikutnya.