Liga Inggris

Liverpool Tak Perduli Meski Manchester United Akhirnya Punya 'Luis Suarez'

Sabtu, 2 Januari 2021 15:23 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Getty Images
Luis Suarez muncul di rival Liga Inggris, Manchester United, Liverpool pantang takut. Copyright: © Getty Images
Luis Suarez muncul di rival Liga Inggris, Manchester United, Liverpool pantang takut.

INDOSPORT.COM - Manchester United secara mengejutkan tampil begitu perkasa di paruh musim Liga Inggris 2020-2021. Memiliki pemain mirip Luis Suarez ternyata tak cukup untuk membuat Liverpool gemetar.

Sejak bergulirnya musim ini, penampilan dari Setan Merah terbilang jauh dari kata sempurna usai berbagai hasil menyedihkan. Bagaimana tidak? Susah payah mencapai pentas Liga Champions, mereka malah harus turun kasta.

Ya, sesumbar begitu hebat usai taklukan RB Leipzig dan Paris Saint Germain (PSG), mereka malah tergelincir ketika kalah poin usai kalah lawan Istanbul Basaksehir. Tak cuma memalukan di pentas Eropa, laga domestik pun juga terkesan tragis.

Pada suatu laga Liga Inggris, terjadi pembantaian 1-6 lawan Tottenham Hotspur kemudian berlanjut kalah tipis 0-1 lawan Arsenal di kandang sendiri. Sepat mengancam karier Ole Gunnar Solskjaer, wibawa MU justru berhasil selamat oleh pemain sepadan Suarez.

Melansir laman berita Liverpool Echo, sosok yang serupa mantan Liverpool itu tak lain muncul dalam diri Bruno Fernandes. Alasannya? Sederhana, sang playmaker asal Portugal itu membuat keajaiban dalam waktu instan usai jalani setengah musim Liga Inggris.

Bintang seharga 67,6 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) itu berhasil mengalahkan pemain terbaik sekaliber Kevin De Bruyne (Manchester City) dan Mohamed Salah (Liverpool). Sepanjang liga domestik musim ini, Fernandes sudah cetak 11 gol dan tujuh assists.

Tentu performa apik ini sangat mirip dengan musim 2013-2014 ketika Suarez catatkan total 31 gol dan 12 assists dalam 33 laga, tepat di era pelatih Brendan Rodgers. Kala itu, bintang Timnas Uruguay ini bantu The Reds catatkan 16 laga tanpa kalah hingga nyaris juara liga.

Bayang-bayang striker subur itu ternyata tak membuat The Red Devils patut untuk berbangga. Pasalnya, ada potensi penampilan skuat besutan Solskjaer ini akan turun secara bertahap jika hanya mengandalkan Bruno Fernandes saja.

Sebagaimana diketahui, eks gelandang Sporting Lisbon itu berkali-kali jadi pemain wajib dalam starting XI Man United. Tapi coba bayangkan tanpa ada dirinya, kemungkinan besar kekuatan utama tim berkurang secara drastis terutama pada sektor algojo penalti.

Jika dibandingkan dengan Bruno Fernandes yang jadi Luis Suarez-nya Manchester United, Liverpool jauh lebih andalkan seluruh pemainnya. Tahu akan posisi puncak klasemen Liga Inggris telah direbut, skuat Jurgen Klopp siap membalas sekaligus rebut lagi titel juara.