Liga Inggris

Kisah Unik: Kalahkan Jurgen Klopp, Ini Cara Liverpool 'Mengenang' James Milner

Sabtu, 26 Desember 2020 13:00 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter @LFC
James Milner mendapat tempat unik dihati raksasa Liga Inggris, Liverpool, sekaligus kalahkan pamor pelatih Jurgen Klopp. Copyright: © Twitter @LFC
James Milner mendapat tempat unik dihati raksasa Liga Inggris, Liverpool, sekaligus kalahkan pamor pelatih Jurgen Klopp.

INDOSPORT.COM - Jika bicara soal Liverpool yang terlintas terkadang kehebatan dari pelatihnya Jurgen Klopp kala berhasil putuskan Kutukan Liga Inggris. Tapi siapa sangka pamor dari pelatih itu masih kalah dari James Milner yang sudah 'dikenang' pihak klub.

Jatuh bangun perjuangan The Reds memang bukan isapan jempol belaka. Bagaimana tidak? Selama hampir tiga dekade lamanya, gelar kompetisi kasta atas Negeri Elizabeth belum pernah sekalipun mereka dapatkan karena berbagai nasib malang.

Beruntungnya, 2019-2020 menjadi momen terlangka bagi tim dominan warna merah ini usai meringkuk juara Liga Inggris. Keberhasilan mereka kali ini sendiri tak lepas berkat kecermelangan seorang Jurgen Klopp yang telaten mengarahkan para pemainnya.

Uniknya, sebelum ini sang juru taktik asal Jerman tersebut telah lebih dulu menyumbang gelar Liga Champions, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub. Akan tetapi meskipun punya andil besar dalam perkembangan tim, Klopp kalah dari James Milner.

Ya, sebuah kisah unik menyebutkan jika gelandang serba bisa ini mendapat kehormatan namanya diabadikan dalam pintu tempat pemusatan latihan baru Liverpool. Sebagaimana diketahui, mereka baru saja pindah dari tempat pelatihan lama, Melwood.

Bulan November lalu, Si Merah resmi memperkenalkan AXA Training Centre yang dibangun dengan biaya 50 juta poundsterling (Rp944 miliar) di Kirkby. Perpindahan tempat latihan baru setelah 70 tahun lamanya ini ternyata ada satu fakta unik berupa ruangan istimewa.

Menurut penuturan Talk Sport, ada pintu yang memiliki nama James Milner dalam suatu ruangan khusus para pemain utama. Munculnya nama gelandang 34 tahun tersebut bukan karena prestasinya, melainkan hasil dari kelakarnya secara tak terduga.

Staf klub sejatinya sempat mengajak diskusi tim kontraktor, pekerja, dan para pemain senior terutama kapten Jordan Henderson. Lantas Milner tak sengaja berkata: "Sepertinya lebih bagus kalau pintu ruangan tim inti menggunakan nama saya. Hahahaha," bercanda.

Tiada angin tiada hujan, McLaughlin dan Harvey mengabulkan pinta pemain serba bisa tersebut dan jadilah The James Milner Door. Tentu saja hal ini sulit dipercaya oleh para pemain lain yang berseragam Liverpool.

Karenanya, James Milner menjadi satu-satunya pemain Liga Inggris yang diabadikan sebagai nama pintu. Tentu saja hal ini membuatnya bisa mengalahkan pamor Jurgen Klopp, walaupun Liverpool kabarnya juga mau mengabadikan jasa pelatih terbaiknya itu.