Liga Inggris

Jurgen Klopp: Bertemu Maradona Rasanya Seperti Jumpai Seorang Paus

Minggu, 29 November 2020 23:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Etsuo Hara/Getty Images
Jurgen Klopp memberikan penghormatan kepada Diego Maradona dan mengenang kembali momen bertemu dengan sang legenda Copyright: © Etsuo Hara/Getty Images
Jurgen Klopp memberikan penghormatan kepada Diego Maradona dan mengenang kembali momen bertemu dengan sang legenda

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp memberikan penghormatan kepada Diego Maradona dan mengenang kembali momen bertemu dengan legenda, yang menurutnya terasa seperti menjumpai seorang Paus, pemimpin Gereja Katolik.

Dunia dibuat muram karena kepergian sang legenda sepak bola asal Argentina, yang meninggal dunia pada usia 60 tahun, Rabu (25/11/20) lalu.

Penghormatan pun dilakukan oleh figur-figur penting sepak bola masa kini, tak terkecuali manajer Liverpool, Klopp, yang berkisah kembali tentang momen bersua dengan sang pencetak gol 'Tangan Tuhan' tersebut.

"Dia merupakan yang terbaik dalam hidup saya, yang paling sering saya saksikan," kata sang juru taktik asal Jerman dalam konferensi persnya jelang laga kontra Brighton di Liga Inggris, akhir pekan ini.

"Dia adalah sosok yang sangat, sangat impresif. Saya pernah menjumpainya sekali, yang sejujurnya setara seperti menjumpai seorang Paus bagi pemain selevel saya. Itu benar-benar sangat spesial."

© twitter.com/LFC
Jurgen Klopp raih penghargaan LMA Managers Copyright: twitter.com/LFCJurgen Klopp raih penghargaan LMA Managers

Maradona memiliki hidup yang penuh kontroversi, dan Klopp menyinggung sedikit tentang bagaimana seharusnya para fans berperilaku ketika berada di sekitarnya, tentang bagaimana mereka bisa membantunya dengan sekadar tidak mengganggunya, seperti meminta selfie.

"Sepak bola akan merindukannya, saya akan merindukannya, dan Anda bisa melihat reaksi dari seluruh dunia," sambung Klopp.

"Jika kita bisa menunjukkan cinta kita untuknya tanpa meminta selfie, jika kita bisa menunjukkan rasa hormat yang pantas untuknya ketika dia masih hidup, maka saya pikir kita bisa membantunya."

Para fans di Argentina telah mengunjungi rumah duka Maradona di Casa Rosada, rumah presiden di Buenos Aires, selagi Argentina menetapkan tiga hari berkabung nasional untuk menghormati sang pahlawan Piala Dunia 1986 tersebut.

Di Napoli, para fans berkumpul di depan Stadio San Paolo, yang nantinya akan berganti nama untuk menghormati Diego Maradona, selagi para pemain memberikan tribut sebelum pertandingan Liga Europa kontra Rijeka, Jumat (27/11/20) dini hari WIB.