Liga Inggris

Bukan di Manchester United, Jurgen Klopp Itu Sir Alex Ferguson-nya Liverpool

Kamis, 3 Desember 2020 07:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Express
Tak ada di Manchester United, Sir Alex Ferguson kini ada di Liverpool dan Jurgen Klopp punya kualitas yang sama. Copyright: © Express
Tak ada di Manchester United, Sir Alex Ferguson kini ada di Liverpool dan Jurgen Klopp punya kualitas yang sama.

INDOSPORT.COM - Ketika bicara soal Sir Alex Ferguson, maka yang terlintas selalu saja pencapaian gemilang Manchester United. Tapi kini berbeda, ada alasan rival Liga Inggris mereka, Liverpool punya sosok pelatih legendaris itu dalam diri Jurgen Klopp.

Setan Merah masih menjadi salah satu tim termahsyur yang pernah ada dalam jagat sepak bola modern. Alasannya? Sederhana, pencapaian gemilang mereka melalui koleksi trofi dan para pemain berbakat buat mereka sangat mengerikan pada masa jayanya.

Salah satu tokoh penting dalam perkembangan mereka tak lepas dari adanya Ferguson yang rela habiskan 27 tahun waktunya sebagai pelatih utama. Hasilnya pun terbilang memuaskan, torehan treble dan 13 trofi Liga Inggris bisa disumbangkan ke Theatre of Dreams.

Setelah keputusannya untuk pensiun, Manchester United seolah kehilangan sosok panutan. Rio Ferdinand selaku mantan pemainnya pun menyebut jika jelmaan Ferguson kini malah hadir dalam diri Jurgen Klopp, baik dalam hal taktik media dan pola pikir serupa.

"Terkadang dia (Ferguson) lakukan pembicaraan tim setelah laga dengan pembawaan begitu tenang. Anda bisa melihatnya dalam sesi wawancara televisi, tapi kemudian topik pembicaraan berubah menjadi sesuatu yang tak terduga," ucap Ferdinand dilansir Sport Bible.

"Dia mencoba mengalihkan sorotan terkait permasalahan tim seperti menguasai bentuk penguasaan narasi, dan saya pikir hal inilah yang telah dilakukan oleh Klopp sekarang. Terkadang dia akan membicarakan hal lain dan bukan saat laga," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Liverpool cenderung jadi sorotan utama saat ini kala berbagai krisis pemain menyetai mereka yang ingin pertahankan gelar juara. Termasuk absen panjang Virgil van Dijk, ada delapan pemain utama yang alami cedera.

Kendati sempat kesulitan dan berikan ungkapan protes melalui wawancara media, Klopp setidaknya mampu buat The Reds bertahan. Buktinya pun bisa dilihat kala mereka menggeliat berada di peringkat dua klasemen sekaligus bayangi Tottenham di posisi satu.

Ketika Jurgen Klopp menjadi alasan nyata mengapa Liverpool masih perkasa di Liga Inggris lain halnya dengan Manchester United. Setan Merah masih mencari sosok selayaknya Sir Alex Ferguson untuk bisa mengembalikan kejayaan di masa lampau.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%