Bursa Transfer

5 Pemain Bintang yang Harganya Anjlok di Bursa Transer Musim Dingin

Minggu, 3 Januari 2021 14:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Filippo Alfero - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Tampil tak sesuai harapan pada tahun 2020 lalu, Paulo Dybala dan sejumlah pemain bintang lainnya di liga top Eropa terpaksa harus mengalami penurunan nilai transfer. Copyright: © Filippo Alfero - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Tampil tak sesuai harapan pada tahun 2020 lalu, Paulo Dybala dan sejumlah pemain bintang lainnya di liga top Eropa terpaksa harus mengalami penurunan nilai transfer.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Eropa mulai memasuki paruh kedua yang artinya jendela bursa transfer musim dingin bakal segera dibuka. Klub-klub pun mulai bersiap mencari pemain baru yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kantong. 

Sepanjang 2020 lalu, ratusan pesepak bola terkenal Eropa telah menunjukkan penampilannya. Sebagian sukses meroket tajam, sebagian lagi harus terjerembab. 

Para pemain bintang yang tampil gemilang di 2020 di antaranya adalah Robert Lewandoski, Erling Halaand, Theo Hernandez, Bruno Fernandes, Phil Foden, Papu Gomez, dan lainnya. 

Dengan penampilan gemilang tersebut, otomatis harga pasaran yang dibanderol untuk mereka juga bakal melonjak. Sayangnya, tak semua pemain mampu memanfaatkan tahun 2020 sebagai panggung terbaik mereka. 

Para pemain berlabel bintang ini pun langsung mengalami penurunan nilai pasar. Lalu, siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut ulasannya. 

1. Christian Eriksen (Inter Milan)

Naman Christian Eriksen wajib dimasukkan ke dalam daftar ini. Bagaimana tidak, berstatus sebagai pemain bintang, Eriksen harus jadi penghangat bangku cadangan di klub barunya, Inter Milan. 

Eriksen didatangkan Inter Milan dari Spurs pada Januari 2020 lalu dengan nilai transfer 20 juta euro. Nilai tersebut terbilang kecil lantaran Eriksen sudah di pengujung tahun terakhir kontraknya. 

Akan tetapi, dengan kontraknya yang sampai 2022, semestinya Eriksen memiliki nilai pasar yang tinggi, minimal 35 juta euro. Namun, Inter Milan memilih membanderolnya tak lebih dari 30 juta euro. 

Angka tersebut diyakini juga bakal berkurang menjadi 20-25 juta euro pada bursa transfer musim dingin nanti. 

2. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

Kepa Arrizabalaga lagi-lagi gagal menampilkan performa terbaiknya di tahun 2020 ini. Bahkan, ia semakin memburuk dari tahun sebelumnya. 

Rentetan blunder, sampai penampilan yang lemah di bawah mistar gawang membuatnya tersingkir oleh kiper baru Chelsea, Edouard Mendy. Kini, Kepa Arrizabalaga yang direkrut Chelsea dari Bilbao senilai 75 juta euro harus menerima kenyataan sebagai penghangat bangku cadangan. 

Dengan kondisi ini dipastikan nilai pasar sang pemain bakal menurun drastis. Dilansir dari laman Transfermarkt, Kepa saat ini memiliki pasar sekitar 45 juta euro saja. 

3. Jadon Sancho (Borussia Dortmund)

Nama Jadon Sancho begitu populer pada bursa transfer musim panas lalu. Sebab, kala itu Sancho tengah jadi buruan utama klub raksasa Liga Inggris, Manchester United. 

Man United bahkan berani menawarnya dengan nilai 80 juta euro. Ia bakal jadi pemain termahal Man United. 

Namun, tawaran itu ditolak oleh Dortmund. Die Borussen mematok harga Jadon Sancho tak kurang dari 100 juta euro. 

Kini, manajemen Borussia Dortmund sepertinya bakal lumayan menyesal. Sebab, performa Sancho bersama Dortmun sangat menurun di banding musim lalu. 

Musim ini Sancho belum mencetak satu gol pun di liga. Sancho hanya menyumbang empat gol di kompetisi Liga Champions dan Piala Jerman. 

Padahal, melihat statistik musim lalu, Jadon Sancho sukses membukukan 17 gol dan 17 assist di Bundesliga Jerman. Melihat fakta ini, harga pasar Jadon Sancho pun diprediksi bakal melorot di bursa transfer.

Dari sebesar 100 juta euro, harga Sancho diyakini sudah menembus 80 juta euro. Tentu ini jadi kesempatan bagi Man United jika memang masih ingin mendatangkannya.