Bursa Transfer

Termasuk Lionel Messi? Barcelona Bakal Ditinggal 3 Pemain pada Transfer Januari

Selasa, 5 Januari 2021 12:48 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© David Ramos/Getty Images
Memasuki bursa transfer Januari ada tiga pemain Barcelona yang bakal pergi. Apakah termasuk Lionel Messi? Copyright: © David Ramos/Getty Images
Memasuki bursa transfer Januari ada tiga pemain Barcelona yang bakal pergi. Apakah termasuk Lionel Messi?

INDOSPORT.COM - Carut marut yang terjadi sepanjang musim lalu jadi catatan kelam Barcelona yang ingin bangkit kembali. Tak heran gara-gara ini pula ada setidaknya tiga pemain yang bakal hengkang pada bursa transfer Januari, apakah termasuk Lionel Messi?

Kejayaan di masa lampau Catalan nampaknya sudah sirna ketika satu musim 'neraka' hancurkan citra mereka. Kenapa disebut neraka? Sederhana, hanya dalam waktu satu tahun saja beragam kesialan menimpa mereka, baik dalam hal performa hingga masalah internal.

Bermula saat menggantikan Ernesto Valverde dengan Quique Setien, insiden memalukan dibantai 2-8 oleh Bayern Munchen di Liga Champions dan gagal pertahankan liga domestik malah menimpa mereka. Lantas masalah finansial pun menyusul imbas pandemi Corona.

Sudah menggebrak dengan daratkan pelatih anyar, Ronald Koeman, skuat Barcelona malah kian memperihatinkan pasca jual para pemain potensial termasuk Luis Suarez. Geram, Messi pun sempat ingin pergi jika saja klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun) tak muncul.

Melansir laman berita Barca Universal, meskipun skuat sudah terkesan minimalis, El Barca tetap bakal mengurangi kekuatan tim utama mereka. Menurut jurnalis RAC1 bernama Gerard Romero, ketiganya ialah Carles Alena, Matheus Fernandes, dan Junior Firpo.

Menjadi jebolan La Masia nyatanya tak buat sosok Alena hebat dimata Koeman, terlihat dari minimnya menit bermain sepanjang musim ini dan bakal dibuang ke Getafe. Cukup mengagetkan, pasalnya gelandang ini diproyeksikan sebagai penerus Xavi maupun Andres Iniesta.

Fernandes bernasib lebih tragis, datang dari Pelmeiras, pemain berusia 22 tahun ini menjadi seorang rekrutan 'hantu' gara-gara hanya habiskan 17 menit waktu main. Terakhir, Firpo yang cukup impresif gantikan Jordi Alba malah bakal dijual demi dana segar.

Walaupun tak termasuk dalam tiga pemain di atas, Lionel Messi sejatinya bisa turut pergi. Sebagaimana diketahui, tak adanya sinyal perpanjangan kontrak membuat sang kapten diperbolehkan menerima tawaran klub lain pada jendela transfer musim dingin.

Tentu saja hal tersebut dimanfaatkan oleh berbagai klub termahsyur di Eropa seperti Manchester City maupun PSG. Jika benar Lionel Messi hengkang mengikuti tiga pemain tersebut, maka Barcelona harus menyiapkan harga yang pantas agar tak rugi pada bursa transfer.