Bola Internasional

Media Vietnam Mengakui, Shin Tae-yong dan Indonesia Musuh Serius Park Hang-seo

Selasa, 5 Januari 2021 18:32 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Media Vietnam pun mengakui jika Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong ancaman serius Park Hang-seo di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Media Vietnam pun mengakui jika Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong ancaman serius Park Hang-seo di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

INDOSPORT.COM - Mustahil lolos ke babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong tak patah arang. Saking hebatnya, media Vietnam bahkan menyebut kombinasi keduanya jadi ancaman ke Park Hang-seo.

Bicara soal pencapaian Tim Merah Putih beberapa tahun terakhir mungkin bisa dibilang kurang membanggakan. Bagaimana tidak? Alami terjun bebas peringkat FIFA ke nomor 173, impian Tanah Air ikut ramaikan Piala Dunia pun harus menunggu lebih lama.

Bayangkan saja, berada di grup G atau yang layak disebut 'Neraka' Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia harus bersaing dengan negara peringkat tertinggi seperti: Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Bisa ditebak hasilnya, skuat Garuda yang saat itu ditukangi Simon McMenemy menorehkan catatan menyedihkan lima kali kalah dalam lima pertandingan. Hingga buat PSSI turun tangan dan datangkan Shin Tae-yong, media Vietnam pun terlihat mulai keringat dingin.

Ya, Laodong melalui headline-nya menuliskan: "Pelatih Shin Tae-yong, rekan senegaranya Park (Hang-seo) bakal membuat Indonesia jadi pengganggu di grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, meski mereka tak punya peluang untuk melanjutkan,"

"Pelatih tim Indonesia menegaskan jika mereka berkomitmen memainkan peran jadi penghadang. Meski kalah dalam lima pertandingan, tapi mereka berkesempatan melawan UEA, Thailand, dan Vietnam. Tim yang tidak menang lima kali tak bisa lolos," tambah media tersebut.

"Pakar strategi yang membantu Korea Selatan mengalahkan juara dunia Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018 ini bahkan bersikukuh agar Tim Garuda untuk tetap serius lakoni sisa laga. Dengan demikian, posisi mereka di peringkat FIFA bisa terselamatkan," tutup tulisan itu.

Walaupun belum dapat kesempatan di laga resmi, tanda-tanda kecocokan Shin Tae-yong dengan Negara Kepulauan terlihat dalam perkembangan pemain secara individu. Sebagai contoh, ada Timnas U-19 yang terkesan menonjol kala lakoni TC di luar negeri.

Tak cuma para pemain dibawah 19 tahun saja, pelatih asal Negeri Ginseng itu pun ditugasi menukangi Timnas U-23, dan Timnas Senior. Dengan berbagai metode yang dibawanya, bukan hal mustahil performa tim alami peningkatan secara drastis.

Media yang sama menambahkan pertemuan antara Shin Tae-yong dan Park Hang-seo pun sarat akan adu gengsi, mengingat keduanya berasal dari negara yang sama. Patut ditunggu bagaimana Timnas Indonesia akan berduel lawan Vietnam di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia.