Liga Indonesia

Sempat Tembus 10 Besar ASEAN, Arema FC Gagal Jadi Klub Terpopuler Asia

Rabu, 6 Januari 2021 13:21 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Latihan Arema Fc. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Latihan Arema Fc.

INDOSPORT.COM - Arema FC gagal dalam polling yang dilakukan Federasi sepak bola Asia (AFC) perihal pemilihan klub terpopuler di tingkat Asia meski sempat menembus 10 besar di Asia Tenggara (ASEAN).

Selama empat hari hingga Jumat (01/01/21), AFC menggelar polling itu pada laman resminya. Persija Jakarta sebagai satu dari empat klub terpopuler di ASEAN, sukses menempati peringkat tiga dengan 11,4 persen dari 168.162 suara.

Tim Macan Kemayoran kalah dari dua klub Liga Iran, yaitu Tractors SC (51,14%) dan Persepolis FC (21,65%). Di bawah Persija, ada Al-Wehdat Yordania (9,49%), Al-Ittihad Suriah (3,82%), Johor Darul Takzim Malaysia (1,8%), serta Suwon Samsung Bluewings Korea Selatan dan Shanghai Shenhua China (0,39%).

Bagi Arema FC, kekalahan ini tidak begitu bermasalah. Lantaran sejak awal, mereka menganggap nominasi ini sebagai penghargaan atas eksistensi klub versi AFC.

"Semua ini adalah wujud cinta Aremania menjaga eksistensi klub  di tengah kondisi rumit dan sulit karena belum adanya kompetisi," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji pada Kamis (24/12/20) lalu.

"Semoga menambah gairah dan semangat supaya kompetisi Liga 1 segera bergulir kembali," sambung dia.

Sebelumnya, Arema FC sempat masuk nominasi 10 besar klub terpopuler ASEAN versi AFC. Bersama Persib Bandung, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, Arema FC bersaing dengan Johor Darul Takzim dan Perak FA (Malaysia), Hoang Anh Gia Lai dan Hanoi FC (Vietnam), serta Buriram United (Thailand) dan Western Sydney Wanderers (Australia).