Bursa Transfer

Diincar Leeds United, Media Inggris Minta Fans Tak Berharap Elkan Baggott di Tim Utama

Kamis, 7 Januari 2021 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Elkan Baggott sedang diincar Leeds United. Copyright: © PSSI
Elkan Baggott sedang diincar Leeds United.

INDOSPORT.COM – Kabar ketertarikan Leeds United terhadap Elkan Baggott menjadi perhatian media lokal di Inggris. Namun, media tersebut menekankan bahwa Baggott bukanlah pemain yang diprioritaskan masuk ke tim utama.

Diketahui, dua klub Liga Inggris, Leeds United dan West Ham United kabarnya sedang bersaing ketat untuk mendapatkan tanda tangan bek Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott. 

Kabar tersebut mencuat lantaran sang pemain dilaporkan belum mau menandatangani kontrak profesional bersama klubnya saat ini, Ipswich Town yang bermain di kasta ketiga Liga Inggris.

Media lokal di kota Leeds, Leeds Live, turut menyoroti sosok Elkan Baggott yang hijrah dari Indonesia ke Inggris pada tahun 2011, sebelum akhirnya mendapatkan beasiswa selama dua tahun bersam Ipswich Town pada 2019 silam.

Elkan dinilai sebagai bek tengah potensial. Ia juga disebut punya keunggulan fisik sebagai pemain bertahan dengan tinggi tubuhnya yang mencapai 194 cm.

Kendati Baggott memiliki popularitas yang cukup tinggi, khususnya di Indonesia, namun media itu tak mau membuat para penggemar Leeds United berharap banyak pada pemain yang mengidolakan Virgil Van Dijk dan Rio Ferdinand tersebut.

Sebab, hal ini berkaitan dengan rencana Leeds United terhadap Elkan Baggott nantinya. Disebutkan sebelumnya, tim asuhan Marcelo Bielsa lebih memrioritaskan bursa transfer di bulan Juni 2021 mendatang.

Sementara Leeds United saat ini menghadapi krisis pemain belakang akibat cedera. Dua pemain rekrutan musim panas, Robin Koch dan Diego Llorente saat ini dibekap cedera, sedangkan Liam Cooper juga absen baru-baru ini.

Namun, Marcelo Bielsea bisa bernafas lega karena satu pemain belakangnya, Gaetano Berardi, dipastikan akan kembali merumput. Kembalinya Berardi nantinya bisa menggantikan peran para pemain yang absen.

Artinya, apabila Baggott menandatangani kontrak dengan Leeds, maka pemain berusia 18 tahun itu tidak bisa langsung masuk ke skuat utama Bielsa. Apalagi, Baggott masih minim pengalaman di level senior dan juga di level  league one.

Baggott nantinya hanya akan menjalani nasib yang sama dengan Sam Greenwood yang direkrut Leeds pada musim panas. Sang striker berusia 18 tahun itu saat ini juga hanya masuk ke skuat Los Blancos U-23, untuk menambah pengalaman kompetisi.

Sekedar informasi, selain Leeds United dan West Ham, sebelumnya Elkan Baggott juga dirumorkan diincar dua klub Liga Inggris lainnya yakni Manchester United dan Everton. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%