Liga Inggris

Manchester United Penuh Kejanggalan, Van de Beek Lebih Baik dari Fernandes

Jumat, 8 Januari 2021 15:33 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sepak terjang Manchester United sepanjang Liga Inggris 2020-2021 terkesan banyak keanehan. Salah satunya ialah keputusan Ole Gunnar Solskjaer yang urung menurunkan Donny van de Beek padahal dipercaya lebih baik dari Bruno Fernandes.

Ketika mengawali musim ini, sepak terjang dari MU tak terlalu menonjol terutama usai berbagai kekalahan menyedihkan di kandang sendiri yakni Old Trafford. Lantas, tidak lupa juga mereka sudah kehilangan tiket 16 besar Liga Champions gara-gara ketelodoran.

Akan tetapi, walaupun dapat banyak cercaan Setan Merah akhirnya berhasil bangkit juga usai 10 laga beruntun tanpa kekalahan. Lewat delapan kali menang dan dua kali seri, skuat besutan Solskjaer melejit ke peringkat dua klasemen Liga Inggris sementara.

Sayangnya, pencapaian ini tak lepas dari keanehan karena Solskjaer kadung pilih-pilih pemain di lini tengahnya seperti Bruno Fernandes, Paul Pogba, Scott McTominay, dan Fred. Termasuk playmaker menjanjikan, Donny van de Beek malah tak pernah kelihatan.

Legenda klub, Dimitar Berbatov pun menyayangkan hal ini yang menyebut bahwasannya pemain seharga 35 juta poundsterling (Rp662 miliar) tersebut bisa lebih hebat ketimbang Fernandes. Ia lantas berikan peringatan sang bintang bisa saja hengkang suatu saat nanti.

"Saya tak tahu apa yang terjadi pada Van de Beek di Manchester United, padahal dirinya terkesan hebat saat gabung Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda. Saya tak akan terkejut jika dia pilih hengkang gara-gara situasi ganjil ini," ucapnya dilansir Manchester Evening News.

"Disaat yang sama Fernandes, Pogba, McTominay, dan Fred dapat jatah lebih banyak main. Apakah mereka lebih baik? Saya pikir tidak, karena pada dasarnya butuh pemain tertentu ketika melakoni laga tertentu juga," tutup Berbatov.

Sebagaimana diketahui, andalkan formasi 4-2-3-1, Solskjaer terkesan selalu tampilkan formasi diamond para pemain tengahnya. Tapi anehnya, Van de Beek tak pernah termasuk dalam salah satu skemanya. Lalu buat apa pemain 23 tahun ini datang?

Dimitar Berbatov bukan satu-satunya yang heran atas kondisi ini, media ternama Belanda bernaman De Telegraaf bahkan menganjurkan Donny van de Beek segera pergi. Apalagi usai hanya tampil di 10 laga Liga Inggris sebagai pemain pengganti Manchester United saja.