Bola Internasional

Abaikan Thailand, Media Vietnam Sangsikan Timnas Indonesia Juara AFF dan SEA Games

Minggu, 10 Januari 2021 17:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Media Vietnam sangsi Timnas Indonesia juara Piala AFF dan SEA Games 2021, saat kekuatan Thailand kian berkurang. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Media Vietnam sangsi Timnas Indonesia juara Piala AFF dan SEA Games 2021, saat kekuatan Thailand kian berkurang.

INDOSPORT.COM - Ketika Thailand mengumumkan tak akan mengirimkan skuat terkuat, Timnas Indonesia pun langsung yakin bisa jadi juara Piala AFF sekaligus SEA Games 2021. Akan tetapi, media Vietnam meragukan hal itu lewat skuat yang dilatih Park Hang-seo.

The War Elephant sejatinya hanya ingin berfokus untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Melalui presiden federasi sepak bolanya (FAT), Somyot Poopanmoung, mereka pun tak punya persiapan khusus jalani kompetisi lainnya.

"Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saat kami mengikuti turnamen di Asia Tenggara, bukan berarti kami menghadirkan tim terbaik," ucap Somyot Poompanmoung. Contoh tujuan besar ialah Piala Dunia, dan hal ini sudah saya sampaikan ke fans," imbuhnya.

Lewat pernyataan itu pula yang buat semangat menggebu-gebu Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. Pasalnya, imbas penundaan banyak kompetisi hingga tahun depan buat Tanah Air punya waktu panjang lakukan pemantapan para pemainnya.

Apalagi dalam pernyataan Mochamad Iriawan selaku ketua PSSI menyebut resolusi 2021 adalah tahunnya Indonesia. Baginya, segala macam kompetisi yang mungkin bergulir tahun ini seperti SEA Games dan Piala AFF bisa dimenangkan gara-gara ada waktu untuk latihan.

Sayangnya optimisme dari negara tetangga tak terlalu membuat Timnas Vietnam bergidik. Melansir laman Vietnamnet, tim besutan Park Hang-seo masih memiliki kepercayaan diri mendominasi dua kompetisi tersebut, mengingat mereka ialah sang juara bertahan.

"Memenangkan Asia Tenggara dan medali emas SEA Games selalu menjadi impian Indonesia. Karena adanya pembatalan Piala Dunia U-20, Indonesia memiliki banyak peluang untuk fokus di Piala AFF dan SEA Games dimana Vietnam pernah juara," tulis media itu.

"Indonesia berada di peringkat terbawah kualifikasi Piala Dunia grup G - sementara Vietnam memimpin puncak klasemen. Shin Tae-yong tak akan terbebani hingga bisa buat Timnas U-23 fokus melaju ke SEA Games yang berlangsung di Vietnam," tambah tulisan itu.

The Golden Star memang mampu mengukuhkan diri sebagai juara Piala AFF usai kandaskan Malaysia pada 2018 lalu. Selain itu, mereka juga sempat mengalahkan Garuda Nusantara pada babak final sekaligus sabet medali emas pada SEA Games 2019 lalu.

Cukup masuk akal mengapa skuat asuhan Park Hang-seo yakin bisa melakukan hal yang sama, apalagi dengan melemahnya Thailand. Namun bukan berarti Vietnam pegang kendali, Timnas Indonesia yang kini dilatih Shin Tae-yong siap unjuk gigi di Piala AFF dan SEA Games.