Liga Inggris

Mengingat Kali Terakhir Manchester United Puncaki Klasemen Liga Inggris

Rabu, 13 Januari 2021 14:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Manchester United
Foto skuad Manchester United musim 2017/18 ketika finis sebagai menjadi runner up liga. Copyright: © Manchester United
Foto skuad Manchester United musim 2017/18 ketika finis sebagai menjadi runner up liga.

INDOSPORT.COM - Kembali memimpin klasemen Liga Inggris musim 2020/21, kapan terakhir kali Manchester United mencatatkan pencapaian serupa?

Manchester United menggusur Liverpool dari puncak klasemen Liga Inggris setelah memperoleh kemenangan tipis 1-0 atas Burnley pada Rabu (13/01/21) dini hari WIB tadi.

Bermain di kandang Burnley, Setan Merah menang susah payah berkat gol tunggal dari Paul Pogba pada menit ke-71. Hasil itu membuat pasukan Ole Gunnar Solskjaer kini menjadi pemuncak klasemen Liga Inggris dengan perolehan 36 poin dari 17 laga, unggul tiga poin dari penghuni posisi kedua, Liverpool. 

Tampilnya Man United ke puncak klasemen terbilang mengejutkan. Maklum, awal musim ini The Reds Devils tidak dijagokan sebagai pesaing juara mengingat dahsyatnya kekuatan Liverpool dan Manchester City serta Chelsea yang bertabur bintang. 

Namun, pelatih Ole Gunnar Solskjaer sanggup mematahkan anggapan itu. Ia mampu membawa Man United perlahan tembus ke tiga besar. 

Setelah sempat terpuruk di luar 10 besar, performa Man United meroket setelah tak terkalahkan sejak kemenangan 1-3 atas Everton pada pekan ke-8. Sejak itu, Bruno Fernandes dkk belum terkalahkan hingga saat ini. 

Merasakan puncak klasemen seperti musim ini bukanlah rutinitas Man United selepas kepergian Sir Alex Ferguson. Mereka lebih sering berkutat di enam besar dan papan tengah. Lalu kapan terakhir kali Man United merasakan dinginnya puncak klasemen?

Anda mungkin menyangka tahun 2013 adalah saat terakhir Man United berada di puncak. Namun sebetulnya Setan Merah juga pernah berada di peringkat satu pada tahun 2017 silam. 

Man United terakhir kali mencatatkan diri di puncak klasemen Liga Primer Inggris pada 9 September 2017 lalu. Ketika itu kompetisi musim 2017-2018 baru berjalan empat pekan. 

Man United yang kala itu ditangani oleh Jose Mourinho sempat menduduki puncak klasemen sejak pekan perdana berkat tiga kemenangan beruntun. Di pekan keempat, Man United tersandung usai diimbangi Stoke City 2-2. 

Poin mereka pun disamakan oleh Man City. Meski begitu, Man United tetap berada di puncak karena unggul selisih gol. 

Sepekan kemudian menggilas Everton dengan skor 4-0. Sayang, kemenangan itu gagal mempertahankan Man United di puncak sebab di saat bersamaan Man City berhasil menang telak 6-0 atas Watford. 

Sejak saat itu, Man United tak lagi mampu merebut singgasana Manchester City di puncak sampai akhir musim. Meski begitu musim 2017-2018 terbilang cukup sukses di mana mereka berhasil finis di posisi kedua alias runner-up. 

Melihat komposisi tim saat ini, ada sedikitnya 10 pemain di musim 2017/18 yang masih bertahan. Mereka adalah Eric Bailly, Paul Pogba, Phil Jones, David De Gea, Marcus Rashford, Nemanja Matic, Juan Mata, Jesse Lingard, Sergio Romero, dan Anthony Martial.

Meski baru 2017 lalu Man United merasakan puncak, namun bisa dibilang posisi yang mereka raih kala itu adalah semu. Peringat satu 'sejati' yang berhasil mereka duduki adalah pada musim 2012/13 ketika mereka berhasil menjuarai Liga Inggris di kepelatihan Sir Alex Ferguson.