In-depth

Mengingat Musim Terakhir Manchester United dan Liverpool Berebut Gelar Liga Inggris

Jumat, 15 Januari 2021 12:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alex Livesey/Getty Images
Sudah lama Liverpool dan Manchester United tidak bersaing ketat di papan atas klasemen Liga Inggris. Kapan terakhir kali keduanya bersaing di tangga juara? Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Sudah lama Liverpool dan Manchester United tidak bersaing ketat di papan atas klasemen Liga Inggris. Kapan terakhir kali keduanya bersaing di tangga juara?

INDOSPORT.COM - Lama tak bersaing ketat di papan atas klasemen Liga Inggris, kapan terakhir kali Manchester United dan Liverpool bersaing di tangga juara?

Dua raksasa Liga Inggris yakni Liverpool dan Manchester United bakal kembali bertarung untuk memperebutkan singgasana klasemen Liga Inggris musim 2020/21. Duel keduanya akan dimainkan di Stadion Anfield pada Minggu (17/01/21) malam WIB mendatang. 

Musim 2020/21 menjadi musim yang spesial, terutama untuk Man United. Setelah tujuh tahun absen bersaing di tangga juara, untuk kali pertama Man United kembali memimpin klasemen menjelang paruh musim. 

Bangkitnya Man United mau tidak mau menciptakan bentrok klasik dengan sesama raksasa Inggris, Liverpool. Liverpool yang menjadi juara bertahan musim lalu juga menjadi favorit juara musim ini. 

Kini keduanya bersaing di dua besar klasemen di mana Man United memimpin dengan 36 poin dan Liverpool menguntit di peringkat kedua dengan 33 angka. Tak pelak, pertemuan keduanya pada Minggu malam nanti bakal menjadi penentu posisi puncak sekaligus memengaruhi peta persaingan juara di akhir musim. 

© Neil Hall - Pool/Getty Images
Selebrasi Henderson dan Mohamed Salah dalam laga Fulham vs Liverpool Copyright: Neil Hall - Pool/Getty ImagesSelebrasi Henderson dan Mohamed Salah dalam laga Fulham vs Liverpool

Persaingan ketat The Reds dan Red Devils musim ini seperti membuka kisah lama yang sudah terpendam selama bertahun-tahun. Seperti diketahui, dua klub ini dikenal sebagai rival abadi berkat supremasi dan sejarah mereka di sepak bola Inggris.

Sebelum klub-klub seperti Manchester City atau Chelsea naik daun, Liverpool dan Manchester United sudah eksis terlebih dahulu sebagai penguasa Liga Inggris. Duel mereka di lapangan pun selalu dipenuhi tensi tinggi.

Sudah lama pula baik Liverpool dan Manchester United tidak bersaing ketat di papan atas klasemen liga. Mungkin yang paling diingat publik terakhir kali adalah musim 2008-2009.

Duel Duo Merah di Liga Primer Inggris

Liverpool pernah jadi ancaman serius Manchester United yang tengah dalam masa jaya pada musim 2008-2009. Saat itu, The Reds diisi sejumlah pemain ternama seperti Steven Gerrard, Fernando Torres, Javier Mascherano, Xabi Alonso, dan lainnya.

Mereka juga masih ditangani pelatih legendaris, Rafael Benitez, yang pernah mempersembahkan trofi Liga Champions pada musim pertamanya di Anfield.

Pada musim 2008-2009 tersebut, Liverpool mencatatkan 25 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Total poin mereka adalah 86 dan finis di peringkat dua klasemen akhir Liga Inggris saat itu.

Manchester United sendiri tampil sebagai juara dengan 90 poin hasil dari 28 kemenangan, 8 hasil imbang, dan 4 kekalahan. Selisih yang cukup tipis, namun The Red Devils masih dinaungi keberuntungan.

© Twitter Manchester United
Pemain Manchester United bersorak usai mengalahkan Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris, 11 Januari 2009. Copyright: Twitter Manchester UnitedPemain Manchester United bersorak usai mengalahkan Chelsea dalam pertandingan Liga Inggris, 11 Januari 2009.

Blunder Gerrard pada laga krusial melawan Chelsea di pekan-pekan terakhir liga dianggap menjadi kambing hitam atas kegagalan The Reds mempertahankan posisi puncak klasemen dari ancaman Manchester United. 

Setelah musim 2008/09, baik Liverpool dan Manchester United tidak lagi berhimpitan di daftar teratas klasemen Liga Inggris. Nasib justru membawa mereka ke tempat yang berbeda.

Manchester United kembali menjadi juara pada musim 2010-2011 dan 2012-2013. Sementara itu, Liverpool harus berjibaku dengan posisinya di klasemen, bahkan sempat terlempar ke peringkat tujuh dan delapan.

Manchester United sendiri juga tidak ketinggalan mengalami masa-masa sulit, tepatnya setelah ditinggal Sir Alex Ferguson. Mereka pernah terdampar sampai ke peringkat enam klasemen akhir Liga Inggris.

Klub-klub seperti Chelsea dan Manchester City turut memeriahkan persaingan berebut gelar juara, bahkan Leicester City yang jadi kuda hitam pada musim 2015-2016.

Sampai akhirnya, Liverpool berhasil menuntaskan puasa gelar Liga Inggris yang sudah berlangsung selama 30 tahun pada 2019/20 lalu. Musim ini, mereka akan kembali berjuang mempertahankannya. 

Dan Manchester United, rival abadi The Reds, kali ini bakal kembali menjadi protagonis yang siap mengandaskan ambisi juara Mohamed Salah dkk. Bakal seperti apa akhir perang dua klub raksasa dengan sejarah paling mentereng di sepak bola Inggris ini? Mari kita saksikan dimulai dari laga pekan ke-17 Liga Inggris, Minggu (17/01/21) nanti.