Bola Internasional

Timnas Indonesia Dibayangi Rekor Buruk Jika China Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Dunia

Sabtu, 16 Januari 2021 17:54 WIB
Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia terlihat tertunduk lesu usai dipermalukan Vietnam dengan skor akhir 3-1 di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10/19) malam.

INDOSPORT.COM - Sisa pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di Asia berpeluang digelar di Shanghai, China. Timnas Indonesia masih memiliki 3 laga tersisa di ajang tersebut.

Menurut Sina, Asosiasi Sepak Bola Shanghai sedang aktif mempersiapkan propsal sebagai pengajuan tuan rumah sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, setelah Federasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan jadwal pertandingan selanjutnya.

"Shanghai memiliki kondisi lalu lintas udara yang menguntungkan. Setelah musim baru selesai, kami belum mengadakan event besar sepak bola. Ini adalah pilihan yang sangat ideal," kata sekretaris jenderal Asosiasi Sepak Bola Shanghai, Lin Yi .

"Selain itu, Shanghai juga memiliki pengalaman, pengujian pencegahan penyakit yang berhasil," sambungnya.

Menurut jadwal yang dirilis AFC, dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia berikutnya akan berlangsung pada akhir Maret. Namun, banyak negara yang menganggap pertandingan akan sulit diselenggarakan mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

"Kami belum tahu apakah liga profesional domestik akan kembali pada Februari. Kami tidak dapat membuat pernyataan yang jelas dari sekarang tentang bisa bermain secara normal di bulan Maret. Jadi menurut saya tidak ideal untuk melanjutkan kualifikasi Piala Dunia 2022 di bulan Maret," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Thailand, Patit Supaphong.

Berdasarkan laporan dari Sohu, Asosiasi Sepak Bola Shanghai akan bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola China, sebelum menyerahkan rencana tersebut ke AFC. Sebelumnya, rencana pertandingan di tempat netral sudah dilakukan AFC untuk Liga Champions Asia yang berpusat di Doha, Qatar.

Rekor Buruk Timnas Indonesia di China

Jika sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 benar-benar akan dihelat di China, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri untuk Timnas Indonesia.

Pasalnya, skuat Garuda kerap kesulitan mencuri kemenangan saat bermain di Negeri Tirai Bambu dalam ajang resmi. Terakhir, Indonesia memenangkan laga di China terjadi pada ajang Piala Asia 2004 dengan mengalahkan Qatar dengan skor 2-1.

Selebihnya Timnas Indonesia mengalami kekalahan saat bertanding di China, terutama dari tuan rumah. Terakhir Timnas Indonesia takluk 0-1 dari China di Stadion Shanxi, Xi'an, Province Jiaodaruisen dalam ajang Kualifikasi Piala Asia 2015, pada 2013 silam.

Timnas Indonesia tertahan di dasar klasemen dengan sama sekali belum meraih satu poin pun di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat asuhan Shin Tae-yong masih akan menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab di pertandingan sisa.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
71%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%