Liga Inggris

Fulham vs Chelsea: Beda Nasib 'Kakak dan Adik' dari London Barat

Sabtu, 16 Januari 2021 12:24 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Fulham vs Chelsea di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/21. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Fulham vs Chelsea di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/21.

INDOSPORT.COM -  Derbi London Barat akan tercipta di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/21 saat Fulham menjamu Chelsea di Craven Cottage. Sebelum laga ini berjalan, ada baiknya mengulas sejarah kakak dan adik yang berbeda nasib di kompetisi Inggris.

London sebagai ibukota Inggris memiliki banyak klub sepak bola dari sub wilayahnya. Total terdapat 17 tim yang tercatat. Wilayah London Barat menjadi salah satu wilayah yang memiliki klub sepak bola terbanyak di kawasan ibukota Inggris.

Total empat klub berasal dari wilayah London Barat yakni Brentford, Chelsea, Fulham dan Queen Park Rangers. Dari empat klub ini, hanya The Blues saja yang memegang status sebagai yang terbesar berkat prestasinya.

Sejak dahulu, Chelsea yang berdiri pada tahun 1905 telah akrab dengan gelar baik di kancah domestik dan kontinental. Prestasi ini yang membedakan The Blues dengan rivalnya dari London Barat.

Chelsea sendiri takkan bisa mengukuhkan diri menjadi yang terbaik di London Barat (atau London sepenuhnya) tanpa campur tangan Fulham, lawan yang akan mereka hadapi pada pekan ke-19 Liga Inggris 2020/21 nanti. Kok bisa?

Kurang lebih begini sejarah singkatnya. Chelsea yang lahir pada 10 Maret 1905 sendiri adalah tim yang tak sepenuhnya diharapkan lahir. Dengan kata lain, The Blues adalah (maaf) ‘anak haram’ dari Fulham sendiri.

Fulham adalah tim pertama yang lahir di kawasan London Barat pada tahun 1879. Wajar jika Chelsea yang berada di kawasan Fulham Road dianggap sebagai adik dari tim yang bermarkas di Craven Cottage tersebut.

Lahirnya Chelsea sendiri berawal dari penolakan Fulham untuk menempati Stamford Bridge yang baru dibeli oleh pebisnis asal Inggris, Henry Ausgustus Mears atau Gus Mears.

Gus Mears sejatinya ingin menyewakan Stamford Bridge kepada Fulham. Namun, The Cottagers menolaknya sehingga muncul pikiran dari Gus Mears untuk membangun sebuah klub yang akan menempati Stamford Bridge.

Berawal dari Pub, Gus Mears mendirikan sebuah klub sepak bola bernama Chelsea FC. Nama ‘Chelsea’ sendiri sejatinya bukanlah pilihan utama mengingat ada nama lain yang terlintas seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC, hingga London FC.

Lahirnya Chelsea di Fulham Road pun membuat Fulham mendapat lawan di kawasan London Barat. Pertemuan pertama atau Derbi London Barat (lebih tepatnya Derbi Fulham) pun tercipta pertama kali di tahun 1910 di mana The Blues tumbang dari sang kakak.

Pertandingan pertama keduanya di Stamford Bridge baru terjadi di 8 April 1911 di mana Chelsea mampu menumbangkan Fulham dengan skor 2-0.

Usai dua pertemuan pertama itu, Chelsea hanya tumbang 10 kali saja dari sang kakak di berbagai kesempatan. Hebatnya lagi, ‘sang adik’ mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di London Barat dengan segudang prestasi.

Sejak berdiri hingga saat ini, Chelsea telah mengkoleksi 6 gelar Liga Inggris dan sederet trofi lainnya di pentas domestik dan kontinental. Sedangkan Fulham? Sejak berdiri hingga saat ini belum pernah meraih gelar bergengsi (dilansir dari Transfermarkt).

Kini keduanya akan kembali bertemu dalam laga bertajuk Derbi London Barat di pekan ke-19 Liga Inggris. Akankah Chelsea mendominasi sang kakak kembali? Ataukah Fulham yang mampu menunjukkan senioritasnya ke sang adik?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%