Liga Inggris

Starting XI MU Saat Terakhir Kali Mengalahkan Liverpool di Anfield, di Mana Mereka Kini?

Sabtu, 16 Januari 2021 13:05 WIB
Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COMManchester United (MU) akan bertandang ke markas juara bertahan Liverpool pada pekan ke-19 Liga Inggris 2020/21 di Anfield, Minggu (17/01/21).

Manchester United saat ini memiliki 36 poin di posisi teratas klasemen Liga Inggris. Mereka unggul tiga angka dari Liverpool yang menghuni peringkat kedua.

Meski begitu, Manchester United dibayangi rekor buruk. Setan Merah sudah tidak pernah menang lagi di Anfield sejak musim 2015/2016.

Saat itu, Manchester United yang dilatih Louis van Gaal berhasil mempermalukan Liverpool asuhan Jurgen Klopp dengan skor 1-0 di Anfield Stadium, lewat gol tunggal Wayne Rooney menit ke-78, pada 17 Januari 2016.

Lantas, di mana pemain Manchester United yang terakhir memberikan kekalahan untuk Liverpool di Anfield?

David De Gea

Pada laga Liverpool vs Manchester United di musim 2015/2016, tuan rumah menguasai ball possesion sebanyak  53,3%, dengan melancarkan 19 tembakan, namun hanya 4 kali mengenai target dan tidak bisa membobol gawang David de Gea.

De Gea saat ini masih menjadi kiper andalan nomor satu Manchester United meski Setan Merah juga telah memulangkan penjaga gawang mudanya di musim ini, Dean Henderson.

Ashley Young

Di bawah asuhan Van Gaal, Ashley Young ditarik untuk bermain sebagai full-back. Dia bisa bermain di sayap kiri dan kanan berkat kecepatan dan umpan silangnya yang bagus. Pemain kelahiran 1985 itu meninggalkan Manchester United untuk bergabung dengan Inter Milan pada awal tahun 2020.

Chris Smalling

Chris Smalling meenjadi faktor kunci Manchester United tidak kebobolan saat melawan Liverpool, dengan membatasi ruang gerak Roberto Firmino, dan membantu Setan Merah clean sheet di Anfield. 

Bek kelahiran tahun 1989 ini pun meninggalkan MU untuk bergabung dengan AS Roma pada periode transfer pertama 2020/2021.

Daley Blind

Karena tidak masuk dalam rencana pelatih Manchester United saat itu, Jose Mourinho, Daley Blind memutuskan hengkang dari Old Trafford untuk kembali ke Ajax Amsterdam pada tahun 2018.

Blind sempat menderita radang otot jantung sejak 2019 lalu, kini kondisi mantan pemain Timnas Belanda itu berangsur membaik dan kembali merumput bersama Ajax Amsterdam.

Matteo Darmian

Darmian didatangkan Manchester United era Louis van Gaal dengan ekspetasi besar di pundaknya. Bek kanan asal Italia itu dikenal memang fasih berposisi sebagai full-back, namun kekuatan fisiknya  belum membuatnya bersinar di Liga Inggris.

Darmian meninggalkan Manchester United pada 2019 untuk bergabung dengan Parma. Saat ini, dia bermain untuk Inter Milan dengan status pinjaman.

Morgan Schneiderlin

Morgan Schneiderlin menjadi andalan Manchester United di bawah Louis van Gaal. Namun, gaya permainannya tidak sejalan dengan filosofi Jose Mourinho. Gelandang asal Prancis kerap menghangatkan bangku cadangan, dan kemudian dilepas ke Everton pada tahun 2017. 

Saat ini, eks bintang Southampton itu sudah kembali ke Ligue 1 untuk bermain bersama Nice.

Marouane Fellaini

Fellaini memang tidak memiliki skill yang spesia, tetapi dia menjadi kartu andalan dari 3 pelatih Manchester United mulai dari David Moyes hingga Jose Mourinho. 

Gelandang asal Belgia itu juga turut andil dalam gol Wayne Roonel dalam kemenangan terakhir Manchester United atas Liverpool di Anfield. Bola sundulan Fellaini sempat membentur tiang, tetapi Rooney berhasil memanfaatkan bola liar dengan sepakan kerasnya yang menghujam gawang Mignolet.

Ander Herrera

Ander Herrera menjadi pemain andalah Manchester United sektor gelandang sejak era Van Gaal. Memiliki kemampuan tembakan jarak jauh, membuat Herrera kerap dipasangkan sebagai gelandang serang.

Pemain asal Spanyol itu meninggalkan Manchester United pada 2019 dengan bergabung ke Paris Saint- Germain (PSG) karena tidak ada kesepakatan kontrak.

Anthony Martial

Striker Timnas Prancis ini bermain bagus saat menghadapi Liverpool baik laga kandang maupun tandang pada musim 2015/2016. 

Setelah mencetak gol untuk membantu Setan Merah mengalahkan Liverpool 3-1 di leg pertama, Martial juga dipasangkan sebagai striker saat Manchester United mengalahkan Liverpool di Anfield.

Kini, Martial masih berstatus sebagai pemain Manchester United. Namun penampilannya cenderung inkonsisten.

Jesse Lingard

Jesse Lingard diharapkan menjadi bintang baru sepak bola Inggris. Namun, sinar pemain kelahiran 1992 itu tak berlangsung lama, sebelum kehilangan performanya dalam dua tahun terakhir.

Wayne Rooney

Lima tahun sejak Wayne Rooney mengoyak Liverpool untuk membantu Manchester United meraih 3 poin, MU belum lagi meraih kemenangan di Anfield. Saat ini, Rooney baru saja pensiun dari sepak bola dan bertugas menjadi pelatih kepala Derby County. 

Starting XI Manchester United saat mengalahkan terakhir kali Liverpool di Anfield:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Young , Smalling, Blind, Darmian; Schneiderlin, Fellaini; Lingard, Herrera, Martial; Rooney.