Liga Indonesia

Dukung Opsi Liga 1 Tanpa Degradasi, Ini Kata Persik Kediri

Minggu, 17 Januari 2021 13:02 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© shutterstock.com/wikipidea.com
Persik Kediri memaparkan pertimbangannya bergabung dengan klub lain untuk mendukung ditiadakannya sistem degradasi untuk kompetisi Liga 1 musim 2021. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Persik Kediri memaparkan pertimbangannya bergabung dengan klub lain untuk mendukung ditiadakannya sistem degradasi untuk kompetisi Liga 1 musim 2021.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri memaparkan pertimbangannya bergabung dengan klub lain untuk mendukung ditiadakannya sistem degradasi untuk kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang.

Setidaknya, ada lima klub yang menyuarakan opsi itu dalam rapat virtual Jumat (15/01/21) lalu. Mereka adalah PSM Makassar, Barito Putera, PSS Sleman, Borneo FC dan Persita Tangerang.

Tim Macan Putih sepakat dengan usulan tersebut. Mereka juga memaparkan pertimbangan khusus terhadap sikapnya itu.

"Format kompetisi (pada musim baru) dibuat tanpa (sistem) degradasi," ucap presiden klub, Abdul Hakim Bafagih dalam rilis resminya.

Kondisi klub yang cukup hancur akibat hempasan pandemi covid-19, menjadi atensi utama. Pasalnya, klub masih terus mengeluarkan anggaran ekstra untuk memenuhi kewajiban, tanpa bisa mengeruk pendapatan dari pertandingan kompetisi.

"Pandemi (covid-19) me-reset (rubah) banyak hal. Jadi, kurang pas apabila ada sistem degradasi," sebut Hakim.

"Biarkan klub-klub pulih terlebih dahulu (pada semua sektornya)," figur yang juga anggota Komisi X DPR RI itu menambahkan.

Penghapusan degradasi sebenarnya sudah diputuskan PSSI dalam rencana Kelanjutan Liga 1 musim 2020. Sehingga, kompetisi Liga 1 musim 2021 akan diikuti 20 tim ditambah dengan 2 tim peringkat teratas Liga 2.